Komikus Jepang Sindir Jokowi sebagai ‘Pengemis’ dalam Proyek Kereta Cepat

0 Komentar

JAKARTA- Mega Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang dibangun Presiden Jokowi, disindir oleh seorang komikus Jepang.

Malalui twitternya, Komikus dengan nama akun @hiroshionan ini menggambarkan dengan bentuk komik digital bagaimana hubungan Jokowi dan pemerintah Cina serta Jepang dalam pembangunan proyek yang dilakukan groundbreaking Januari 2016 itu. 

Seolah Ia menceritakan hubungan ketiga Negara ini. Ia menggambarkan, awalnya Indonesia telah melakukan kesepakatan dengan pihak Jepang terkait pembangunan proyek tersebut.

Digambarkan, Jepang telah mengumpulkan data-data hasil studi terkait proyel tersebut dan diserahkan ke Indonesia. Akan tetapi, Jokowi malah menyerahkan data tersebut ke pihak Cina untuk membangun kereta Cepat Jakarta-Bandung itu, sebab Cina menawarkan proyek dengan harga yang murah dibandingkan dengan Jepang

Namun, dua tahun berjalan, proyek tersebut tak kunjung menjukan perkembangan. Digambarkan, Jokowi juga sedang merayu Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe untuk membantu kelangsungan proyek tersebut lagi. Namun pihak Jepang menolak karena sebelumnya Jokowi telah membangun kesepakatan dengan Cina untuk proyek tersebut.

Unggahan Hiroshion ini diunggah dalam dua bagian. Unggahan pertama pada 20 Feb 2018 kemarin, yang kedua pada 23 Februari 2018. Hingga kini unggahan komika tersebut telah tanggapi ribuan netizen Indonesia maupun luar negeri.

(dal/fajar)

 

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar