Komunitas Mural Art Baubau Sulap Lorong dengan Gambar Tiga Dimensi

FAJAR.CO.ID, BAUBAU – Komunitas Mural Art Baubau punya cara tersendiri dalam menyalurkan hobinya. Bukan pula hanya menghasilkan gambar yang biasa saja. Tapi, gambar yang mereka hasilkan dari bagian seni lukis ini dapat memberikan daya terhadap masyarakat dan memberikan dampak bagi masyarakat sekitar.

Komunitas Mural Art Baubau yang berkolaborasi bersama masyarakat Kelurahan Bataraguru, Kecamatan Wolio sukses menyulap sebuah lorong yang tadinya tidak dilirik menjadi daya tarik tersendiri, khususnya bagi para pemuda. Gambar mural dan tiga dimensi yang dihasilkan menjadi objek ‘wisata’ baru bagi masyarakat Kota Baubau.

Aksi komunitas ini tercipta karena adanya swadaya dari masyarakat setempat yang memang peduli akan lingkungan. Dengan adanya gambar-gambar mural yang terpampang disepanjang lorong sukses memanjakan mata siapa saja yang melintas. Bahkan, menyempatkan diri berhenti sejenak untuk berselfie. Lorong tersebut dinamakan "Bataraguru Bergengsi Satu Kreasi".

“Ini tercipta karena swadaya masyarakat setempat dan swadaya beberapa komunitas yang peduli lingkungan. Kami senang berpartisipasi dalam kegiatan ini kerena ini merupakan wadah bagi kita khususnya komunitas yang bergerak di bidang seni lukis yang selama ini tidak memiliki ruang untuk berkarya,” kata Adi salah satu komunitas Mural Art Baubau.

Aksi ini tidak mungkin akan berjalan terus dengan hasil swadaya dari masyarakat. Olehnya itu, pria 23 tahun ini berharap semoga apa yang dilakukan komunitas ini mendapat perhatian dan dukungan dari Pemerintah Kota Baubau, khususnya dalam hal penataan ruang dan wilayah serta dalam rangka memberdayakan komunitas dalam menunjang perkembangan kota.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hariman Kaimuddin


Comment

Loading...