Gugatan Dikabulkan, JR Saragih-Ance Akhirnya Ikut Pilgub Sumut

FAJAR.CO.ID -- Pasangan JR Saragih-Ance Selian akhirnya bisa mengikuti pertarungan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara (Sumut) 2018. Pasangan yang didukung Partai Demokrat, PKPI dan PKB akhirnya lolos mengikuti pesta demokrasi serentak tahun ini setelah permohonan gugatan yang mereka ajukan dikabulkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut.

Putusan ini dibacakan pada sidang yang berlangsung di kantor Bawaslu Sumut Jalan Adam Malik, Medan, Sabtu malam (3/3/2018).

Bawaslu dalam putusannya memperkenankan JR Saragih melakukan legalisir ulang terhadap ijazah SMA-nya ke Dinas Pendidikan.

Untuk itu, KPU Sumut diperintahkan membatalkan keputusan yang menetapkan pasangan JR Saragih-Ance tidak memenuhi syarat sebagai pasangan calon Gubernur Sumut.

Dalam putusan Bawaslu Sumut ini juga, KPU Sumut diminta melaksanakan seluruh keputusan paling lambat tiga hari setelah putusan ini dibacakan.

Sementara, sebelumnya dalam sidang tersebut Ketua KPU Sumut, Mulia Banurea memastikan bahwa hanya ada tiga komisioner yang menghadiri sidang.

“Hanya 3 komisioner yang hadir, sedangkan dua lagi berhalangan. Dua komisioner yang tidak hadir yakni Nazir Salim Manik dan Yulhasni, karena keduanya sedang menjalankan tugas luar sehingga diwakilkan oleh tiga komisioner,” ujarnya. (fir)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi


Comment

Loading...