Fahri Hamzah: Partai yang Ngga Jelas Jadi Peserta Pemilu, Enak Betul Ya

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang tidak meloloskan Partai Bulan Bintang (PBB) di Pemilu 2019 karena tidak memenuhi syara berdasarkan verifikasi mendapat perhatian publik.

Tak sedikit yang merasa kaget dengan keputusan tersebut, karena PBB memiliki perwakilan diseluruh wilayah Indonesia. Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah juga ikut kaget dengan keputusan KPU yang tidak meloloskan PBB sebagai partai peserta Pemilu 2019. Pasalnya, kata Fahri ada partai yang tidak jelas tiba-tiba diloloskan sebagai peserta Pemilu.

“Saya kaget waktu PBB ditiadakan, sementara partai yang gak jelas aja tiba-tiba jadi peserta Pemilu, enak betul itu,” kata Fahri Hamzah buat awak media di Gedung Nusantara III, DPR RI, Senin (5/3).

Bahkan, Fahri Hamzah mengklaim tidak pernah melihat perwakilan partai-partai tidak jelas itu di daerah. Sementara partai besutan Yusril Ihza Mahendra itu memiliki Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dihampir seluruh Indonesia.

“Saya gak pernah lihat wakil mereka diseluruh indonesia. Kalau PBB jelas ada DPRD-nya di seluruh Kabupaten/Kota. Masa ini ada partai yang gak pernah kita ketemu papannya di seluruh indonesia, tiba-tiba ikut Pemilu,” herannya.

Untuk itu, Anggota DPR RI tiga periode ini meminta KPU berhati-hati dengan keputusannya, agar tidak dituduh macam-macam. “Jadi hati-hati ini KPU bisa dituduh membuat partai basisnya, bukan administrasi dan faktual atau bisa ada isu-isu lain,” jelasnya.

Lebih lanjut Fahri, kerja KPU ini bisa mendapat sorotan dunia internasional jika hendak main-main soal verifikasi dan administrasi yang dapat merusak sistim demokrasi bangsa.

“KPU ini tidak mampu menciptakan Pemerintah yang legitimate seperti diakui rakyatnya, tapi bisa menjadi sorotan negara lain kalau masih main-main soal verifikasi dan administrasi itu sendiri. Karena bisa merusak sistim kita, maka KPU harus hati-hati dengan masalah ini,” sambung Fahri.

Diketahui, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) baru saja mengabulkan gugatan PBB atas KPU yang tidak meloloskan PBB di Pemilu 2019. Dengan keputusan Bawaslu ini, maka Partai Bulan Bintang sudah dipastikan lolos mengikuti Pemilu 2019. (Aiy/Fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...