ICW: Waspada Dinasti Politik di Pilkada

Senin, 5 Maret 2018 - 11:08 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Donal Fariz, Koordinator Divisi Korupsi Politik ICW (Indonesia Corruption Watch) memperingatkan masyarakat agar waspada dan berhati-hati terhadap dinasti politik yang muncul di Pilkada.

Berdasarkan hasil studi terbaru ICW, dinasti politik sangat rawan memunculkan korupsi.

“Dinasti politik rawan terjerat kasus korupsi karena memang biaya politik yang harus mereka keluarkan sangat tinggi,” kata Donal Fariz, di Jakarta, pada Senin (5/3/2018).

Menurut Donal, dinasti politik membutuhkan biaya politik yang sangat tinggi karena harus mengelola banyak jaringan. Sebut saja jaringan kepartaian, jaringan keormasan, jaringan kebudayaan, dan jaringan-jaringan lainnya.

“Tentu membutuhkan biaya mahal untuk maintenance atau merawat jaringan-jaringan tersebut. Sebab dinasti politik itu biasanya akan mulai berakar dari dinasti di partai. Jadi orang-orang yang membangun dinasti politik, akan terlebih dulu membangun dinasti politiknya di suatu partai,” ujarnya.

Masih menurut Donal, biaya untuk membiayai partai politik mahal sekali. “Itulah yang membuat orang-orang di dinasti politik menjadi lebih rentan terkena kasus korupsi, itu berdasarkan studi terbaru kami,” ujar Donal.

Dia kemudian mencontohkan OTT atau Operasi Tangkap Tangan yang baru saja dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Walikota Kendari Adriatma Dwi Putra dan Calon Gubernur Sultra Asrun, pada 27-28 Februari lalu.

Asrun tak lain ayah Adriatma yang sebelumnya menjabat Walikota Kendari selama dua periode. Posisi Asrun sebagai Walikota Kendari kemudian dilanjutkan oleh Adriatma. Sedangkan Asrun kini maju sebagai calon gubernur Sultra.

“Lihat saja kasus-kasus korupsi yang melibatkan kepala daerah. Misal OTT yang kemarin baru saja terjadi. Itu menunjukkan politik dinasti. Bapak berkuasa dua periode di Kendari, kemudian anaknya naik. Di daerah lain ada suami berkuasa dua periode, sekarang istrinya maju untuk menggantikan,” kata Donal.

Seperti diketahui, politik dinasti kini muncul di Pilkada Sulsel. Calon Gubernur Ichsan Yasin Limpo (IYL) tak lain adik kandung Gubernur Syahrul Yasin Limpo. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.