Wonderful Indonesia Brand of The Year Indonesia 2018

0 Komentar

JAKARTA – Pengakuan kembali didapatkan brand yang diusung Kementerian Pariwisata. Yaitu Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia (WI-PI). WI-PI dinobatkan sebagai Brand of The Year Indonesia 2018 oleh Philip Kotler Center for ASEAN Marketing.

Penghargaan diserahkan dalam awarding night WOW Brand Festive Day 2018, Kamis (8/3). Lokasinya, di Ballroom Raffles Hotel Jakarta, Ciputra World. Ajang ini diselenggarakan oleh MarkPlus Inc.

Staf Ahli Menteri Pariwisata Esthy Reko Astuty menerima penghargaan tersebut. Esthy mewakili Menteri Pariwisata Arief Yahya yang sedang berada di Berlin, Jerman.

“Khusus penghargaan Brand of The Year Indonesia, hanya ada satu penghargaan. Sedangkan penghargaan-penghargaan kategori lain dalam awarding night WOW Brand Festive Day, bisa lebih dari satu,” ujar Founder and Chairman MarkPlus Inc, dan salah satu Tri-Founder Philip, Kotler Center for ASEAN Marketing, Hermawan Kartajaya di Jakarta, Selasa (6/3).

Penghargaan yang diterima WI-PI tidak sembarangan. Karena, penilaiannya sangat ketat. Juga melalui tahap kalibrasi serta dikurasi dengan teliti.

Namun, penghargaan ini bukan hanya mengacu pada keberhasilan WI-PI di dunia internasional. Dampak luar biasa yang berhasil disumbang, juga menjadi perhitungan. Seperti, tampilnya sektor pariwisata sebagai kontributor kedua perekonomian Indonesia di tahun 2017.

“Pencapaian seperti ini barangkali akan susah ditandingi oleh brand lain di masa depan,” ungkap Hermawan.

Asal tahu saja, melalui brand WI-PI, pariwisata menempati peringkat kedua sebagai penyumbang devisa.

Sebagai salah satu sektor unggulan Indonesia, pariwisata berhasil mendatangkan 14,04 juta wisatawan mancanegara tahun 2017.

Kunjungan wisman ke Indonesia di tahun 2017 adalah suatu capaian yang acceptable. Terlebih, dipenghujung 2017 terjadi force majeur. Yaitu erupsi Gunung Agung di Bali.

Namun Kemenpar berhasil menjaga brand WI-PI dari erupsi Gunung Agung. Salah satu cara yang dilakukan Kemenpar adalah pengembangan destinasi digital di daerah. Termasuk juga keberhasilan Bali menjadi Best Destination dalam TripAdvisor Traveller’s Choice Award 2017.

WOW Brand Festive Day sudah tiga kali terselenggara. Tahun ini, tema yang diangkat adalah “Brand 4.0 : From Wow to Now The Omni Way!.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik keberhasilan WI-PI meraih Brand of The Year Indonesia 2018. Menurutnya, penghargaan ini sangat penting bagi Kemenpar. Karena, hal ini menyangkut 3C. Yakni Confidence, Credibility, dan Calibration.

“Award akan menaikkan tingkat kepercayaan (confidence level) kita. Penghargaan pada dasarnya adalah sebuah legitimasi atau pengakuan. Bila kita mendapatkan penghargaan, maka self confidence kita akan naik. Banyak sekali orang yang menyatakan bahwa penghargaan ini meningkatkan self confidence,” katanya.

Menurutnya, jika dikomunikasikan dengan baik, award yang diperoleh dapat menjadi marketing yang paling efektif untuk image.

“Kita tidak perlu bersusah payah menyampaikan keunggulan yang kita miliki. Orang lainlah yang menyatakannya. Nigel Botterill – pemenang BT Entrepreneur Award – menyatakan “It provides instant credibility! People will remember long after the award is presented,” jelasnya.

Dijelaskannya, membentuk persepsi melalui positive referal sangat efektif. Namun tentunya harus diikuti dengan kinerja yang baik pula.(*)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...