Ini Daerah dengan Antrian Haji Terpendek di Indonesia, Cuma 5 Tahun

FAJAR.CO.ID- Tahun demi tahun, antrean haji reguler semakin memanjang. Tidak tanggung-tanggung di beberapa daerah bisa menunggu sampai 36 tahun untuk bisa haji.

Sebagai informasi, kuota haji 2017 untuk Indonesia sudah dikatakan normal yaitu 211 ribu jamaah.

Tetapi tetap saja, daftar antrean haji masih membludak,Data dari Kementerian Agama, per 26 September 2017 ini mencapai 3.419.162 orang.

“Iya peminat haji selalu bertambah, kenapa terus menumpuk ya karena kuotanya terbatas. Sedangkan, pendaftaran haji berlangsung setiap hari kerja,” ujar Direktur Umrah dan Haji Khusus Kemenag, Arfi Hatim seperti dikutip dari JawaPos.com, Selasa (13/3).

Untuk mengantisipasinya, lanjut dia, pemerintah sementara telah membuat kebijakan bagi mereka yang sudah haji, baru bisa mendaftar beberapa tahun kemudian.

"Sepuluh tahun lagi baru bisa (daftar) lagi ya. Tujuan kami untuk mengurangi yang daftar, walau tidak signifikan,” terang Arfi.

Seperti diberitakan JPNN.com, merujuk pada data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) per 26 September 2017, Sulawesi Selatan adalah salah satu provinsi yang menetapkan pembagian kuota haji per kabupaten/kota.

Bantaeng misalnya, kuota haji dipatok 185 kursi. Sedangkan, jamaah yang antre mencapai 6.448 orang. Sehingga, antrian haji di Kabupaten tersebut akan habis sampai 2053 atau 36 tahun.

Sementara itu, masa tunggu yang tercepat ada di Kabupaten Maluku Tenggara Barat dengan kuota haji 15 orang. Jamaah yang antri ada 62 orang, seingga antreannya lima tahun saja.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi M1


Comment

Loading...