Simak! 6 Langkah Atasi Infeksi Ragi di Area Kewanitaan

FAJAR.CO.ID - Beberapa wanita kerap mengalami vaginal yeast infection (infeksi ragi) atau jamur di area kewanitaan selama kehamilan atau pada masa menstruasi karena perubahan hormonal. Sesuguhnya masalah ini normal pada wanita, tapi jika dibiarkan bisa menyebabkan infeksi jamur.

Dilansir dari healthy guide, Rabu (14/3) kondisi ini akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan pertumbuhan infeksi jamur. Wanita yang didiagnosis dengan diabetes juga berisiko tinggi mengalami infensi ini.

Namun, jangan khawatir karena ada beberapa tindakan untuk mencegah infeksi ragi atau jamur ini untuk diterapkan di rumah.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dapat membantu mengurangi risiko infeksi ragi berulang. Orang dengan gangguan autoimun, kanker atau diabetes semuanya rentan terkena infeksi. Untuk menunjang sistem kekebalan tubuh, bisa mengikuti diet padat nutrisi.

Di antaranya adalah dengan mengonsumsi lebih banyak sayuran, lemak sehat, probiotik dan protein berkualitas tinggi. Makanan probiotik bermanfaat untuk melawan semua jenis infeksi, termasuk infeksi ragi.

  1. Tidur Lebih Intens

Ini adalah salah satu cara efektif untuk mencegah infeksi jamur pada kulit. Tidur yang cukup agar semua organ berfungsi dengan baik. Tidur delapan jam dapat membantu menjaga tingkat keasaman organ intim dan sekaligus mengurangi pertumbuhan ragi, sehingga mencegah infeksi jamur.

  1. Pakai Pakaian Bersih

Untuk mencegah infeksi ragi, pakailah pakaian dalam yang bersih dan ada sirkulasi udara. Membiarkan udara mencapai area genital dapat membantu menghentikan kelembaban, sehingga mencegah infeksi memburuk.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hariman Kaimuddin


Comment

Loading...