PNS Laki-laki Sudah Bisa Ambil Cuti Temani Istri Melahirkan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, menyampaikan bahwa Pemprov DKI Jakarta sudah mengeluarkan peraturan gubernur (Pergub) terkait cuti bagi pegawai negeri sipil (PNS) laki-laki untuk menemani istrinya melahirkan.

“Kebetulan sekarang cantolan dari pemerintah pusatnya sudah terbit, jadi kita sudah keluarkan pergubnya,” kata Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (14/3/2018).

Sandi—sapaan akrab Sandiaga mengatakan, pihaknya sudah menjanjikan kebijakan cuti bagi PNS laki-laki ini dan akan menjadi acuan sebagai salah satu rencana kerja. Nantinya, PNS laki-laki diberikan libur seminggu sebelum sang istri melahirkan dan tiga minggu setelah kelahiran.

“Satu minggu sebelum kelahiran dan tiga minggu setelah kelahiran,” ungkapnya.

Dengan adanya kebijakan baru tersebut, politikus Partai Gerindra ini berharap hubungan rumah tangga PNS dapat lebih bahagia. Terlebih lagi dengan adanya kehadiran sang ayah di masa-masa pertumbuhan anak.

“Jadi kita sampaikan untuk PNS yang menemani istrinya melahirkan kita beri fasilitas cuti untuk menemani istri. Semoga anak yang dilahirkan sehat, dalam kondisi keluarga bahagia, dan terbentuk kerja sama dengan istri pada masa pertama keemasan dari kelahiran anak pertama, kedua, ketiga,” pungkasnya.

Diwartakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki kebijakan khusus bagi pegawai negeri sipil (PNS) laki-laki di lingkungan Pemprov DKI yang sudah berumah tangga. Mereka diperbolehkan mengambil cuti untuk menemani istrinya melahirkan sebanyak 5 hari sampai 1 bulan.

“Lima hari itu sudah luar biasa. Jadi kita nggak usah satu bulan. Tapi kalau umpamanya itu bisa melebihi dari pada itu. Lima hari rata-rata mintanya,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Syamsudin Lologau saat dihubungi, Selasa (13/3). (ce1/eve/JPC)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...