Berkedok Leasing, Pelaku Palsukan Data untuk Peras Korbannya

Selasa, 20 Maret 2018 - 07:36 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Personil Polsek Rappocini berhasil mengamankan pelaku pemalsuan data otentik berupa administrasi kependudukan, yakni KTP, KK dan NPWP. Pelaku pemalsuan tersebut dibekuk di Jalan Pelita Raya V lorong 1 Kecamatan Rappocini Makassar, Kamis(15/3/2018)malam.

korban pemalsuan KTP atas nama Nia, dikagetkan ketika dirinya ditagih pihak pembiayaan untuk membayar angsuran sepeda motor pada kamis.

Namun korban yang merasa tidak pernah melakukan angsuran kredit sepeda motor, meminta data bukti dokumen bahwa dirinya pernah melakukan transaksi dengan pihak pembiayaan.

“Kemudian Nia melakukan konfirmasi kepada pihak pembiayaan, dan saat ditunjukkan berkas pengajuan kredit. ternyata dokumen berupa KTP dan KK milik pelapor, saudari NIA telah dipalsukan oleh tersangka,” terang Kapolsek Rappocini, Kompol Kodrat saat konferensi pers di Mako Polsek Rappocini, Senin (19/3/2018).

Adanya laporan kepolisian terkait pemalsuan akta otentik, personil Polsek Rappocini yang di pimpin oleh Kanit Reskrim IPTU Iqbal Usman dan Panit II Reskrim IPDA Nurtjahyana  berhasil membekuk ketiga pelaku, dua perempuan dan satu orang lelaki, yakni MTA (48), FTW (45) dan SR (56).

Dari penangkapan pelaku, disita barang bukti berupa enam lembar KTP palsu, satu lembar KK palsu, tiga lembar kartu NPWP palsu, tiga lembar slip penyetoran, satu lembar FC PBB palsu, satu rangkap FC rekening Koran palsu, satu lembar kartu berobat palsu dan tiga Kunci sepeda motor.

“Akta otentik serta surat yang dipalsukan lainnya telah digunakan oleh para pelaku dan berhasil memperoleh dua unit sepeda motor yang kini telah berpindah tangan,” tambahnya.

Terhadap pelaku dikenakan pasal 263 ayat (2) atau pasal 266 KUHP dan pasal 94 Undang-undang RI nomor 23 tahun 2006 tentang adminstrasi kependudukan yang telah diubah undang-undang RI nomor 24 tahun 2013 dengan ancaman pidana 7 tahun penjara. (sul/fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.