Panen Bawang Putih di Banyuwangi, Menteri Amran Target Swasembada 2021

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, BANYUWANGI – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menargetkan Indonesia melakukan seasembada bawang putih pada tahun 2021.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Amran usai menghadiri panen raya bawang putih di Desa Mekarsari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur pada, Kamis (22/3).

“Nanti rencananya minimal 2020, karena ada pengurangan luas, 2020 atau 2021 sudah swasembada karena jumlahnya hanya kecil sekali, butuh 65 ribu hektar sudah swasembada,” kata Menteri Amran kepada wartawan di lokasi panen Lereng Gunung Ijeng.

Dikatakan Menteri Amran, masyarakat Indonesia dan terkhusus masyarakat Banyuwangi patut bangga dengan pencapaian yang sudah diraih saat ini. Pasalnya, panen bawang putih hari ini adalah yang pertama kali terjadi di Kabupaten Banyuwangi.

“Hari ini kami warga besar petani Indonesia patut berbangga dan berbahagia. Ada bapak Bupati, ini adalah panen bawang putih pertama di Banyuwangi,” ucapnya.

Menteri yang dijuluki ‘Bapak Petani Bangsa’ ini juga berharap, jumlah panen bawang putih di Banyuwangi terus meningkat agar target swasembada di tahun 2020 atau 2021 bisa terealisasi.

“Kami harapkan ke depan jumlahnya bisa terus ditingkatkan. Tahun 2014 hanya 1000 hektar lebih tanaman bawang putih. Tahun 2018 lebih meningkat lagi menjadi 15 ribu hektar. Jadi lebih dari 1000 persen meningkat,” harapnya.

“Kalau ditahun ini bisa kita tanam 15 ribu, tahun depan 45 ribu, 2020 atau 2021 paling lambat sudah swasembada,” tambah akademisi Universitad Hasanuddin Makassar itu.

Sementara itu, Masriah (55), seorang petani bawang putih mengaku bersyukur karena punya penghasilan tetap setelah dibukanya lahan untuk bawang putih di daerahnya. “Dulu disini cuma hutan, masyarakatnya kerja serabutan. Alhamdulillah sekarang kita kerja setengah hari bisa dapat 35-40 ribu,” cerita Masriah yang merupakan salah satu dari 830 orang pekerja perkebunan bawang putih di sekitar desa Licin, Glagah, Kalipuro dan Giri.

Diketahui, Menteri Amran melakukan panen raya bawang putih pada lahan seluas 116 hektar di Desa Taman Sari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi di dampingi langsung oleh Bupati Banyuwangi Abdul Azhar Anas, Ditjen Hortikultura, dan pihak PT Sinar Padang Sejahtera. (Aiy/Fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...