Kekeringan Parah di Brasil Amat Mengkhawatirkan

FAJAR.CO.ID -- Sampai saat ini warga Brasil masih mengalami kesulitan dalam mendapatkan air bersih.

Salah seorang penduduk lokal, Diane Pereira mengatakan, ia telah melakukan berbagai cara untuk menghemat airnya.

Ia hanya bisa menggunakan beberapa gelas air untuk membuat makanan, sekali air di ember besar yang ia gunakan sebagai penampung habis maka ia tak akan bisa berkutik lagi.

"Hal ini mengubah segalanya, bahkan tidak ada air untuk mencuci tangan," kata Pereira.

Sementara itu, Pereira dan warga lain di lingkungannya tetap meunggu Distrik Federal untuk menyalakan air hingga Kamis, (22/3). Air akan tetap mengalir di World Water Forum yang merupakan konferensi air terbesar di dunia di Brasilia.

Menurut Kementerian Integrasi Nasional, konferensi soal air diselenggarakan karena hingga saat ini Brasil masih mengalami kekeringan yang berkepanjangan. Lebih dari 900 dari 5.570 kotamadya di Brasil mengalami kekurangan air parah.

Sebagaian besar masalahnya adalah sulitnya tempat terdekat untuk mendapatkan air. Pemerintah mengusulkan langkah untuk mengalirkan air ke daerah-daerah kering di Brasil yaitu Sao Paulo, Brasilia, dan bagian timur laut.

Banyak pihak mengatakan, Pemerintah Brasil perlu berbuat lebih banyak untuk mengatasi kekeringan parah di Brasil. LSM seperti SOS Mata Atlantica unjuk rasa di depan Kongres Brasil atas pengelolaan air pemerintah yang payah.

Profesor Manajemen Air di University of Brasilia, Henrique Chaves mengatakan, selain dibuat proyek-proyek umum untuk meningkatkan pasokan air, Brasil perlu lebih lanjut mengatasi ledakan kebutuhan air di kota-kota untuk menghindari krisis kekeringan yang lain dalam dekade ini. (trz/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi


Comment

Loading...