Peluang Dapat Kuota CPNS Makin Terbuka

FAJAR.CO.ID, TARAKAN – Kedatangan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur ke Kalimantan Utara pada Senin (19/3), tidak hanya membawa berkah bagi pemerintah provinsi, tapi juga kabupaten dan kota, termasuk Tarakan.

Peluang mendapatkan kuota CPNS bukan hanya terbuka bagi Pemprov Kaltara, tapi juga di Pemkota Tarakan. Itu diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Khaeruddin Arief Hidayat setelah ikut hadir dalam pertemuan bersama Menpan.

Menurutnya, seiring banyaknya PNS yang pensiun, terbuka kesempatan bagi pemerintah pusat untuk membuka moratorium penerimaan PNS bagi daerah-daerah yang sudah diberlakukan sejak beberapa tahun lalu, dalam rangka menyeimbangkan kebutuhan pegawai yang pensiun dan yang masih bekerja.

“Jumlah pensiunan dalam dengan jumlah yang masuk tidak seimbang, maka tentu akan dibuka lagi penerimaan CPNS,” ujarnya, Selasa (20/3).

Apalagi, lanjutnya, Kalimantan Utara termasuk sebagai daerah prioritas penerimaan CPNS. Namun, ada perihal khusus yang dipesan Menpan dalam rangka penerimaan CPNS. Menurut Arief, kabupaten dan kota hanya bisa mengusulkan jumlah formasi sesuai kebutuhan saja. Tidak asal mengusulkan.

“Jadi, bukan berdasaran apa yang kami minta lalu diberikan gantinya. Kami juga harus menyesuaikan. Kalau kebutuhan hanya 5 atau 10, ya segitu yang kami usulkan,” tuturnya.

Oleh karena itu, dalam waktu dekat ia akan berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Tarakan untuk melakukan pendataan sekaligus analisa jabatan terhadap kebutuhan pegawai, untuk kemudian diusulkan ke Menpan.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi M1


Comment

Loading...