Satu Lagi Tersangka Sabu yang di Bui Seumur Hidup

FAJAR.CO.ID, TARAKAN – Jika lima terdakwa kasus sabu-sabu seberat 11,4 kilogram sebelumnya dituntut hukuman mati dan seumur hidup, giliran tiga terdakwa kasus sabu 5 kg, Hendra Delpian, Muhammad Andi Aryan dan Sainal yang mendegarkan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Negeri Tarakan, Senin (26/3) kemarin.

JPU Dannie Chaeruddin dalam tuntutannya untuk perkara Hendra, yang merupakan Pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tarakan, meyimpulkan bahwa terdakwa terbukti melakukan tindak pidana sesuai dalam dakwaan primair Pasal 114 ayat 2 jo pasal 132 ayat 2 Undang Undang RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

“Terdakwa terbuti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan pemufakatan tindak pidana tanpa hak memiliki, menguasai narkotika golongan I bukan tanaman yang beratnya melebihi 5 gram,” kata Dannie Chaerudin.

Hal-hal yang menjadi pertimbangan dalam mengajukan tuntutan pidana, disampaikan Dannie lagi, hal yang memberatkan selain terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas narkoba, terdakwa juga merupakan Petugas Lapas Tarakan yang seharusnya mencegah terjadinya peredaran narkotika. “Terdakwa juga tidak berterus terang atas perbuatannya dan tidak ada hal yang meringankan,” katanya.

JPU pun meminta Majelis Hakim yang diketuai Mahyuddin Igo untuk memutus terdakwa Hendra terbukti melakukan percobaan atau pemufakatan jahat untuk melakukan tindak pidana narkotika dan presekutor narkotika.

“Supaya Majelis Hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini memutuskan menjatuhkan pidana terhadap terdakwa HD dengan pidana penjara seumur hidup dan dengan perintah tetap ditahan,” tegas Dannie.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi M1


Comment

Loading...