Angkasa Pura Bantah Kurir Sabu Lolos dari X-ray

FAJAR.CO.ID, BALIKPAPAN  -   Pasca tertangkapnya kurir sabu seberat 100 gram di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, pihak PT Angkasa Pura I (AP I) Balikpapan selaku pengelola bandara akan berbenah terkait sistem pemeriksaan kepada calon penumpang. Baik pemeriksaan melalui mesin x-raymetal detector, maupun pemeriksaan walkthrough dan fisik.

Seperti diketahui, pada Senin (26/3) lalu jajaran Ditreskoba Polda Kaltim berhasil menangkap seorang tersangka berinisial S (29) di ruang tunggu gate 8 Bandara SAMS. Saat itu tersangka menaruh barang haram di celana dalam yang dia kenakan sebelum memasuki ruang tunggu.

Tersangka yang membawa tas merah muda itu lantas melewati mesin x-rayuntuk mendeteksi, apakah terdapat benda-benda yang dapat membahayakan penerbangan, seperti senjata api hingga barang berbahan metal atau logam.

Kemudian, tersangka lolos dari pemeriksaan fisik oleh petugas bandara dan berhasil masuk sampai ruang tunggu keberangkatan. Diduga tersangka memasukkan barang haram itu ke dalam tas saat berada di toilet area ruang tunggu keberangkatan.

Namun, lantaran polisi telah menjadikan S sebagai target operasi (TO), maka dia langsung diamankan di tempat. “Kalau kelihatan di x-ray mungkin akan ketahuan di gate. Tapi, faktanya dia lolos sampai ruang tunggu,” ujar Direktur Reskoba Polda Kaltim, Kombes Pol Akhmad Shaury saat penangkapan.

Menyikapi lolosnya tersangka dari pemeriksaan, pihak AP I membantah bila pelaku lolos dari pemeriksaan mesin x-ray. Humas AP I Shively Sanssouci mengatakan, pemeriksaan yang diterapkan kepada setiap penumpang bertujuan untuk keselamatan penerbangan.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi M1


Comment

Loading...