Pikat Pemuda Bertani, HKTI Akan Gandeng Pendawa Kencana Multi Farm

YOGYAKARTA - Langkah-langkah untuk memajukan sektor pertanian di masyarakat terus dilakukan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI). Tidak hanya dengan program-program yang dihasilkan sendiri, tapi juga menjalin kerja sama dengan berbagai pihak sehingga dapat membantu mewujudkan ketahanan pangan yang tinggi di masyarakat.

Seperti yang dilakukan Ketua Umum HKTI Jenderal (Purn) Moeldoko pada Sabtu (1/4) kemarin. Usai melantik DPP HKTI DI Yogyakarta, Moeldoko menyempatkan diri mengunjungi balai penelitian dan pusat pelatihan pertanian Pendawa Kencana Multi Farm di Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Didampingi pengurus nasional HKTI dan pengurus HKTI DIY, Moeldoko mewacanakan kerja sama dengan Pendawa Kencana Multi Farm. Nantinya kerja sama diharapkan dapat meningkatkan ketertarikan anak muda ke bidang pertanian.

"Ada wacana HKTI akan melakukan kerja sama dengan balai Pendawa Kencana Multi Farm, khususnya dalam bidang pelatihan-pelatihan," ujar Moeldoko.

Mantan Panglima TNI ini mengungkapkan, Pendawa Kencana Multi Farm terbukti telah berhasil melakukan pengembangan budidaya tomat, jagung, jeruk, buah naga, pepaya dan nangka. Serta tidak ketinggalan budidaya ikan, belut, kepiting, ayam dan lainnya. Selain itu juga ada proses pembuatan pupuk organik.

Pendawa Kencana Multi Farm juga memproduksi berbagai macam produk. Di antaranya susu murni, pupuk kompos, pakan ternak, bibit padi organik, tanaman hias, tanaman buah-buahan dan lain-lain.

"Dengan kerja sama ini maka diharapkan transfer of knowledge serta transfer of technology dapat dilakukan dengan baik. Sehingga akan lebih banyak lagi petani-petani di berbagai daerah tanah air yang memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam meningkatkan produksi pertanian," kata Moeldoko.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi


Comment

Loading...