Nama Gatot Nurmantyo Masuk Bursa Capres/Cawapres di PAN, tapi…

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Partai Amanat Nasional (PAN) hingga kini belum menentukan sikapnya untuk mendukung siapa di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Meski tergabung dalam koalisi pemerintahan, partai berlambang matahari ini tidak serta merta mendukung Joko Widodo alias Jokowi di Pilpres 2019 mendatang. terakhir, PAN dan dua partai lainnya PKB dan Demokrat dikabarkan akan membuat poros ketiga di Pilpres nanti, tetapi hal itu kemudian disanggah oleh Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan.

Hingga kini, PAN masih terus membuka peluang dan membangun komunikasi dengan anak-anak bangsa yang dianggap layak memimpin bangsa ini ke depan. Wakil Ketua Umum PAN, Taufik Kurniawan mengatakan PAN masih terus membangun komunikasi dengan semua partai dan figur-figur yang dianggap layak dicalonkan sebagai Presiden atau Calon Wakil Presiden.

“Artinya kepada siapapun anak bangsa ini yang sekiranya kemudian melakukan komunikasi kepada partai apapun, tentunya PAN tetap tangan terbuka. Sepanjang belum ada keputusan resmi siapapu boleh, namanya juga demokrasi,” kata Taufik kepada wartawan di Gedung DPR RI, Senin (2/4).

Politsi asal Jawa Tengah (Jateng) itu tak menapik nama mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo pun mulai dikaitkan dengan partai besutan Zulkifli Hasan ini. Lanjut Taufik, PAN tetap terbuka buat siapa saja yang dianggap layak sesuai dengan kajian AD/ART partai.

“Artinya boleh melakukan komunikasi apapun dan kami menunggu siapa saja tidak hanya Pak Gatot, mungkin nanti berikutnya ada calon-calon yang lain sepanjang sesuai dengan kajian dan AD/ART partai. Tentunya nanti keputusan finalnya akan diputuskan di Rakernas PAN yang insya Allah 1-2 bulan ini akan dilaksanakan,” ucap Taufik Kurniawan.

Politisi yang sebelumnya berkarir sebagai pengajar di salah satu Universitas di Jawa Tengah itu mengakui, pihak partai sering melakukan komunikasi dengan Gatot Nurmantyo secara informal. Tak hanya partai, Taufik Kurniawan juga mengakui dirinya sering melakukan komunikasi dengan Gatot Nurmantyo, tetapi tidak berkaitan dengan Capres atau Cawapres.

“Kalo secara informal, Pak Gatot kan mantan Panglima TNI ya, paling tidak anggota-anggota Fraksi PAN di komisi I. Saya sendiri sering, tapi kalau khusus membicarakan itu (Capres/Cawapres) tentunya dengan menunggu komunikasi informal ataupun formal. Informalnya kan sudah dilakukan, kalau formalnya kan belum dan biasanya dilakukan oleh DPP juga,” akuinya.

Wakil Ketua DPR RI ini menambahkan, PAN tak hanya mempertimbangkan nama Gatot Nurmantyo tetapi seluruh nama yang digadang-gadang sebagai Capres maupun Cawapres.

“Semuanya kita pertimbangkan dalam hal ini kita belum ada keputusan final untuk di Rakernas. Di PAN itu keputusannya itu selalu ada di mekanisme partai. Saya hanya mengingatkan di PAN tentunya selain ada DPW, DPD, DPP dan Ketua Umum, ada juga Ketua Dewan Kehormatan,” tutup Taufik Kurniawan. (Aiy/Fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...