Dua Megaproyek Sulsel Akan Dilepas ke Swasta

Rabu, 4 April 2018 - 09:41 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sebagai pintu gerbang Indonesia Timur, Sulsel khusus ibu kota Makassar terus berbenah, terutama masalah infrasntruktur. Pelbagai megaproyek infrastruktur sedang dibangun.

Namun, sejumlah megaproyek infrastruktur di Sulsel akan ditawarkan ke investor swasta. Dua di antaranya yang on progres adalah proyek RS Pendidikan UIN Alauddin dan Kereta Api Makassar-Parepare.

Inspektur Utama Kementerian PPN/Bappenas, Roni Dwi Susanto mengatakan, skemanya adalahkerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU). Dengan keterbatasan anggaran negara, skema KPBU ini menjadi opsi.

“Jadi nanti akan ditawarkan ke investor swasta. Ada dua proyek sudah masuk perencanaan, RS Pendidikan UIN Alauddin dan proyek kereta api Makassar-Parepare,” ungkapnya, Rabu (4/4/2018).

Roni melanjutkan total proyek di Sulsel yang akan dimasukkan ke skema KPBU ada tiga proyek. Namun rencana pembangunan megaproyek Makassar New Port (MNP) masuk skema KPBU dibatalkan Kementerian Perhubungan.

“Pelindo IV dari sisi pendanaan sepertinya ada skema lain untuk merampungkan proyek MNP ini. Seperti obligasi dan sebagainya,” tuturnya.

Untuk pembangunan tahap awal RS Pendidikan UIN Alauddin diperkirakan membutuhkan dana Rp150 miliar. Sementara pembangunan proyek kereta api Makassar-Parepare sepanjang 147 kilometer membutuhkan dana hingga Rp9 triliun. Pemerintah hanya sanggup membiayai Rp4 triliun. (fik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.