Ikuti UNBK, Siswa Pulau di Pangkep Tempuh Perjalanan 30 Jam

Rabu, 4 April 2018 - 10:51 WIB

FAJAR.CO.ID, PANGKEP — Ratusan peserta UNBK asal beberapa pulau di wilayah Pangkep, tiba di ibu Kota Kabupaten Pangkep. Bahkan 54 siswa SMA Negeri 6 yang berasal dari Pulau terjauh di wilayah Kecamatan Liukang Tangaya, juga sudah tiba, Senin (2/4) di Dermaga Maccini Baji di Kecamatan Labakkang, setelah menempuh pelayaran selama 30 jam.

Kepala SMAN 6 Pangkep, Aziz Muslim menjelaskan, dari 54 siswanya yang menjadi peserta UNBK ini, sengaja datang di wilayah daratan Pangkep, karena tidak ada akses jaringan internet di wilayah kepulauan, sehingga untuk menerapkan UNBK di tempatnya sangat tidak mungkin. Itulah sebabnya kita bawa siswa ini ke daratan Pangkep.Waktu tempuh perjalanan dari pulau terluar ke Dermaga Maccini Baji mencapai 30 jam.

“Kita memerlukan waktu sekitar 30 jam untuk sampai di daratan, Pangkep. Perjalanan ini menjadi pengalaman tersendiri bagi siswa yang sebelumnya belum pernah mengunjungi Kota Kabupaten Pangkep yang membawahi pulau domisilinya ,” pungkas Aziz .

Ditambahkan Aziz jika siswanya sudah siap untuk mengikuti UNBK. “Apalagi di sekolahnya sudah ada tiga buah komputer yang selama ini dipergunakan untuk ujian simulasi, ” tambahnya.

Rata-rata siswa asal Pulau ini baru pertama kali ke Pangkajene. Seperti diungkapkan Ardianti asal Pulau Sapuka ini, mengaku pertama kalinya menginjakkan kaki di pusat Kabupaten Pangkep.

” Kedatangan kami ke Pangkajene merupakan yang pertama kali. Suasana dan kondisi tempat tinggal di Pulau Sapuka dengan Pangkajene begitu mencolok perbedaannya ,” Ucap Ardianti .

Para siswa asal Pulau terluar ini tiba di Ibukota Kabupaten Pangkep harus membayar ongkos kapal Rp 22 ribu per orang dengan menumpang kapal perintis Papua Dua. “Diluar biaya transportasi. Kami juga harus terbebani dengan biaya makan dan minum selama berada di daratan, sehingga kalau lebih lama di Pangkajene, maka biaya hidup semakin banyak, ” keluh para siswa asal pulau ini. (udi/fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *