Rekruitmen CPNS Dibuka Pertengahan Tahun

Sabtu, 7 April 2018 - 15:52 WIB

FAJAR.CO.ID, SIDOARJO – Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Sidoarjo belum akan terpenuhi. Banyaknya pegawai yang dibutuhkan tidak sebanding dengan rencana penerimaan CPNS. Sebab tahun ini Kemen PAN-RB memberi kesempatan pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk menerima PNS, tetapi jumlahnya tidak sebanyak yang dibutuhkan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sidoarjo Sri Witarsih mengatakan, setelah ada moratorium penerimaan PNS selama tiga tahun, kebutuhan pegawai di Sidoarjo semakin banyak. Sebab setiap tahun banyak PNS yang pensiun dan meninggal. Hingga saat ini jumlah kebutuhannya mencapai 3.909 pegawai.

Sedangkan Sri menjelaskan, sesuai arahan Kemen PAN-RB usulan PNS yang dikirim tahun ini harus sesuai dengan jumlah pegawai yang pensiun di tahun yang sama. “Kemarin sudah kami usulkan sebanyak 577 PNS, mereka purna tugas tahun ini,” katanya.

Setelah mengirimkan usulan tersebut, hingga saat ini Sri mengaku belum menerima informasi lebih lanjut, termasuk mengenai kapan pendaftaran rekrutmen CPNS untuk Sidoarjo boleh dibuka. “Infonya setelah Pilgub, mungkin di pertengahan tahun, namun belum resmi,” imbuhnya.

Meski tidak bisa menambah pegawai sesuai kebutuhan, Sri mengaku lega bisa mendaptkan tambahan PNS. Jika tidak, maka kebutuhan pegawai di Sidoarjo bisa terus meningkat. Pelayanan kepada masyarakat pun dikhawatirkan tidak akan bisa maksimal.

Untuk itu, sejak dua tahun lalu pihaknya mulai memberlakukan sistem online dalam beberapa programnya. Ini dilakukan untuk mengakali kekurangan PNS. Selain itu juga untuk mempermudah layanan. (Fajar/JPR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.