Tentara Israel Tembak Mati Jurnalis Palestina

Sabtu, 7 April 2018 - 18:57 WIB

FAJAR.CO.ID, PALESTINA – Jurnalis Palestina yang ditembak selama unjuk rasa di Gaza meninggal seketika. Seperti dilansir The Times of Israel pada Jumat, (6/4), jurnalis bernama Yasser Murtaga tersebut termasuk dua korban tewas yang ditembak pada demonstrasi hari Jumat.

Kematian mereka meningkatkan jumlah korban hari Jumat menjadi sembilan orang. Murtaga ditembak tentara Israel di kota selatan Khuzaa, yang diselimuti oleh asap hitam tebal yang disebabkan oleh ban terbakar yang dibakar oleh para pengunjuk rasa.

Ia berada lebih dari 100 meter dari perbatasan, mengenakan jaket bertuliskan ‘press’. Ia memegang kameranya ketika dia ditembak.

Murtaga bekerja untuk media Ain, sebuah perusahaan produksi TV lokal. Militer Israel mengatakan pihaknya menembak para penghasut yang terlibat dalam kekerasan.

Pusat Gaza untuk Kebebasan Media, yang membela jurnalis Palestina, menyerukan kepada komunitas internasional untuk campur tangan guna melindungi para wartawannya.

Puluhan ribu warga Palestina berkumpul di sepanjang perbatasan Gaza pada hari Jumat, membakar ban, dan melemparkan bom dan batu ke tentara Israel. Mereka menanggapi dengan gas air mata dan menyalakan api.

Kementerian Kesehatan Gaza yang dipimpin Hamas mengatakan, ratusan orang terluka pada hari Jumat, termasuk 293 oleh tembakan langsung. Sebanyak 25 dari mereka yang terluka berada dalam kondisi serius.

Di antara mereka yang terluka adalah 12 wanita dan 48 anak di bawah umur.

Juru Bicara Militer Israel Letnan Kolonel Jonathan Conricus mengatakan, para organisator Hamas mencoba menggunakan para pengunjuk rasa sebagai pengalih perhatian untuk membuka pagar dan kemudian memasukkan teroris ke Israel. (Fajar/JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *