Delegasi IYTP Sulsel Persembahkan Lagu Anging Mammiri di PPWNI Malaysia

Minggu, 8 April 2018 - 09:05 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Delegasi Indonesia Youth Teaching Program (IYTP) 2018 asal Sulsel, Qudratullah mempersembahkan lagu daerah Anging Mammiri pada penutupan rangkaian acara IYTP 2018 di Sekolah Pusat Pendidikan Warga Negara Indonesia (PPWNI) Klang, Malaysia.

Tak hanya itu, pemuda, asal Kabupaten Bantaeng ini membawakan lagu tersebut lengkap dengan pakaian adat Sulawesi Selatan.

“Penutupan rangkaian acara IYTP 2018 menang dipersiapkan untuk mempersembahkan pertunjukan dari setiap daerah. Maka dari itu saya menyanyikan lagu Anging Mammiri lengkap dengan pakaian adat Sulsel yang saya bawa sendiri dari Sulsel” ujar Qudra.

Selain itu, dua tari khas Sulsel juga jadi persembahan dari para Siswa SMP PPWNI Klang Malaysia. Menurut Qudra, hal tersebut menjadi kebanggaan tersendiri sebagai delegasi yang berasal dari Sulsel.

“Jadi ekspektasi saya sebelumnya adalah saya akan menjadi delegasi dengan identitas pertunjukan budaya yang minim saat pertunjukan karena hanya saya saja yang berasal dari Pulau Sulawesi. Tapi nyatanya siswa SMP PPWNI Klang mempersembahkan dua tarian khas Sulsel. Saya sangat bangga, terlebih mereka sangat apik dalam menari” tambah Qudra.

Pertunjukan seni budaya juga mempersembahkan tari zaman, paduan suara lagu daerah dan tari khas Jogja dari para delegasi IYTP 2018.

Sebelumnya, Qudratullah juga memperkenalkan Batik Butta Toa Bantaeng, yang dipresentasikan melalui segmen pengenalan budaya pada murid Pusat Pendidikan Warga Negara Indonesia(PPWNI) di Klang Malaysia, pada Rabu (5/4) lalu.

Batik yang dipakai oleh delegasi asal Sulsel tersebut orange dengan lambang khas Bantaeng, yang disponsori langsung dari Dinas Pariwisata Kabupaten Bantaeng.

Allhamdulillah teman-teman delegasi yang punya, batik dari seluruh Indonesia dipresentasikan untuk diperkenalkan kepada murid PPWNI. Salah satunya adalah Batik Butta Toa Bantaeng yang sempat saya pakai ke KBRI Kuala Lumpur Malaysia pada hari pertaman delegasi IYTP,”kata Qudra. (sul/fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.