Pj Wali Kota Baubau Tawarkan Konsep Kemaritiman Sebagai Pembangun Ekonomi Daerah

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Sukseskan program kemaritiman pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), PDIP gelar Rapat Koordinasi Bidang Nasional (Rakorbidnas) III Kemaritiman. Dalam rakornas tersebut sejumlah kepala daerah yang merupakan basis maritim Indonesia diundang untuk menjelaskan potensi dan kendala maritim diwilayahnya yakni Baubau.

Sekjend PDIP Hasto mengungkapkan bahwa, Indonesia merupakan bangsa yang memiliki potensi kelautan yang luar biasa secara geopolitik sehingga semakin menambah posisi strategis Indonesia di bidang maritim. "Maka rakornas ini juga membahas bagaimana PDIP menggalang seluruh stakeholder di dalam mewujudkan visi maritim pemerintahan Pak Jokowi," ungkapnya disela-sela acara rakornas III bidang kemaritiman PDIP di Jakarta, Minggu (8/4).

Dalam menentukan kebijakan, menurutnya pemerintah sudah sangat baik memberantas ilegal fishing. Namun saat ini persoalan ekonomi dari maritim harus dipikirkan. Karenanya, PDIP mendukung Pemerintah untuk mengembangkan industri kawasan maritim terpadu di Pulau Jawa, terutama luar Pulau Jawa. Karena salah satu masalah bangsa adalah disparitas pembangunan wilayah termasuk soal kemaritiman.

"Semoga dengan hal ini bisa mewujudkan pemerataan pembangunan pesisir laut Indonesia. Terlebih dengan adanya tol laut, proses pembangunan plkemaritiman tidak lagi ada perbedaan," ungkapnya.

Didaulat sebagai narasumber dalam rakornas kemaritiman PDIP, Pj Wali Kota Baubau Hado Hasina membeberkan potensi maritim Indonesia. Menurutnya untuk menjadikan kemaritiman Indonesia sebagai leding sector pembangunan ekonomi daerah maka pendekatan kebijakan yang dilakukan harus mempertimbangkan keterkaitan antar sektor ekonomi.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hariman Kaimuddin


Comment

Loading...