Balas Luhut, Fadli Zon Siap Adu Data Terkait Kegagalan Jokowi

Senin, 9 April 2018 - 17:26 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan menantang pihak-pihak yang mengkalim kinerja Presiden RI Joko Widodo gagal harus berdasarkan fakta dan data yang konkrit, agar tudingan tersebut tidak terlihat hoax alias tak benar.

Tantangan Luhut itu langsung dibalas oleh Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon. Menurut Fadli Zon, Luhut Pandjaitan hanya melihat kerja Jokowi dari sisi keberhasilan tanpa melihat janji-janji yang tak mampu direalisasi oleh Jokowi.

“Kalau Pemerintah, Pak Luhut tentu dari sisi kenerhasilan, kalau kami melihat dari sisi yang tidak jalan. Bagaimana supaya jalan, atau jangan yang tidak jalan diklaim seolah-olah itu jalan. Kita harus menyuarakan apa adanya,” kata Fadli Zon di Gedung DPR RI, Senin (9/4).

Wakil Ketua DPR RI itu menilai, apa yang diklaim oleh Luhut soal keberhasilan Jokowi dalam menjalankan roda Pemerintahan tidak salah, tetapi yang dilihatnya hanyalah keberhasilan. Sementara itu, banyak data kegagalan Jokowi yang siap ditunjukan kepada pihak yang mengklaim kegagalan Jokowi itu hanyalah hoax.

“Ya mungkin tidak keliru ya, mungkin hanya melihat yang berhasilnya saja. Ya kita adu saja datanya. Mana yang berhasil, mana yang tidak. Saya sih siap sekali,” tantang Fadli Zon.

Politisi berdarah Minang Kabau itu mengaku siap untuk debat terbuka soal kegagalan Jokowi, sebagaimana yang sudah dijanjikan pada debat Pilpres 2014 lalu. “Jangan disamperin, debat aja, debat terbuka,” ucapnya.

Dikatakan politisi daerah pemilihan Bogor, Jawa barat itu, dirinya sudah menyusun janji-janji Jokowi yang tak mampu direalisasikan dalam bentuk buku, agar apa yang disampaikan olehnya tidak dicap sebagai hoax atau tanpa data.

“Saya udah susun buku seratus hari dulu. Nah ini saya sedang susun lagi mana yang berhasil, mana yang udah gagal. Kemudian mana yang ada progressnya, 10 persen, 20 persen gitu. Jadi kita bukan ngomong asal bunyi, tetapi pakai data,” jelasnya.

Diketahui, selain Luhut Binsar Pandjaitan yang meminta pengkritik Pemerintah agar berbicara berdasarkan data, tetapi hal serupa juga disampaikan oleh Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara Konvensi Nasional Galang Kemajuan Tahun 2018 di Ballroom Puri Begawan, Bogor pada akhir pekan kemarin. (Aiy/Fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *