Dirjend Dukcapil Minta KPU Maksimalkan Data DP4 Kemendagri

Senin, 9 April 2018 - 19:33 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Jelang┬ápemilihan umum/pemilihan kepala daerah, persoalan data pemilih kerap menjadi masalah dalam setiap penyelenggaraannya. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pun menduga KPU tidak menyusun daftar pemilih sementara (DPS) tidak berdasarkan daftar penduduk pemilih potensial pemilu (DP4) sesuai dengan data yang dimiliki oleh Kemendagri.

Untuk itu, Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Zudan Arif Fakrulloh mengungkapkan bahwa pihaknya siap untuk menyandingkan data DPS milik KPU dan data DP4 Kemendagri saat pemuktakhiran data pemilih nantinya.

“Jika mereka memberikan data maka kita siap untuk menyandingkan untuk menentukan data pemilih potensial,” katanya saat memberikan keterangan pers di Kemendagri, Jakarta, Senin (9/4).

Dugaan tidak digunakannya DP4 sebagai dasar untuk menentukan DPS itu karena adanya selisih daftar pemilih dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) pada Pilkada 2017 lalu.

“Ada selisih 2 persen. KPU menyebutkan dari 6,4 juta orang yang melakukan perekaman terdapat 1.571.028 orang yang mengalami masalah sehingga kami minta KPU untuk mengoptimalkan data DP4. Untuk itu kami akan membantu untuk memberikan akses agar dapat melihat data penduduk Indonesia,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan, pihaknya hingga kini terus proaktiv untuk melakukan perekaman terhadap penduduk. “Kita sigap “jemput bola” dilapangan. Kita harapkan sisa penduduk yang belum melakukan perekaman bisa diselesaikan. Semoga KPU bisa memaksimalkan DP4 Kemendagri sebagai dasar menyusun DPS,” pungkasnya. (yog/fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.