Komisi X Minta Pemerintah Siapkan UNBK 100 Persen

Senin, 9 April 2018 - 13:54 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-– Tepat pada hari ini senin (6/9) Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) serentak dilaksnakan di seluruh Indonesia.

Pelaksanaan UNBK tersebut dikatakan telah lebih efisien dan ekonomis dibanding dengan ujian secara tertulis, karena tidak lagi dibutuhkan biaya distribusi dan produksi kertas.

Anggota Komisi X yang membidangi Pendidikan, Olahraga Sejarah dan Badan Kreatif Ekonomi di DPR RI, Marlinda Irwanti menyampaikan harapannya terhadap pelaksanaan UNBK tingkat SMA pada hari ini.

“Saya berharap agar pelaksanaan UNBK tingkat SMA hari ini berjalan lancar, walaupun belum bisa di seluruh propinsi di Indonesia menggelar UNBK, afirmasi diberikan kepada daerah yang belum siap terutama di daerah terpencil,” katanya dalam keterangannya senin (6/9).

Selain itu ia juga mengharapakan agar pemerintah mempersiapkan pada tahun depan dapat 100% seluruh Indonesia menggelar UNBK. khusus untuk daerah pinggiran dan terpencil yang masih melaksankan UNKP ( UN Kertas pensil) tetap bisa dilaksankan tergantung kesiapan dan koordinasi dengan pemda setempat.

Politisi dari fraksi Golkar ini pun juga menyarankan agar tahun depan daerah – daerah terpencil diberikan prioritas untuk mendapatkan bantuan dalam memenuhi kebutuhan standar UNBK.

“Apresiasi harus kita berikan kepasa Kemendikbud yang sudah bekerjasama dengan PT PLN dan Telkomsel untuk mendukung infrastruktur jaringan dan daya listrik, dan untuk pengawasan sidah dilibatkan ICW dan Ombudsman,”ungkapnya.

Politisi dari dapil Jateng itu mengatakan kejadian padamnya listrik saat UN SMK agar tidak terulang kembali. Karena menurutnya anak-anak SMA yang  sedang melaksanakan UNBK sedang memfokuskan rasa percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki belajar jujur, usaha dan doa, serta jangan terpengaruh isu kebocoran soal.

“Kendala sarana dan prasaran yang masih terjadi seperti ada sekolah yang kekurangan komputer maka pada rapat kerja dengan mendikbud yang akan dibahas bersama komisi  X agar thn depan dengan anggaran yang ada dapat dipenuhi dari APBN 2018.”tambahnya.

Malinda kembali menegaskan, Komisi X  akan terus melakukan pengawasan dalam pelaksanaan UNBK dan hasil tersebut akan dirangkum serta disampaikan juga kapada kemendikbud.(zain)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *