Festival Pesona Tambora Surganya Kuliner

DOMPU – Festival Pesona Tambora 2018 menjadi surganya kuliner. Beragam kuliner khas Pulau Sumbawa tersaji lengkap di Sarae Nduha, Savana Doro Ncanga, Dompu, Nusa Tenggara Barat, Selasa (11/4). Keberagaman ini jadi potret kekayaan lain yang dimiliki Pulau Sumbawa selain nature dan culture.

Merepresentasikan kekayaan kuliner Sumbawa, Festival Pesona Tambora menyajikan corner spesial. Beragam kekayaan alam nabati Pulau Samawa ini terbingkai dalam etalase prodak-prodak berkualitas. Menegaskan sebagai sentra penghasil jagung, beragam prodak olahan pun dihasilkan daerah ini. Prodak tradisional yang tetap dilestarikan adalah Jago Sombu. Prodak ini terbuat dari jagung dicampur gula dan parutan kelapa. Ada juga nasi jagung dan marning.

“Prodak olahan jagung ini dihasilkan oleh IKM di Dompu. Jenisnya sangat beragam. Sebab, jagung saat ini jadi prodak unggulan di daerah ini. Jumlahnya juga melimpah,” ungkap Ketua IKM Arika Liliek Maswary, Selasa (10/4).

Dari banyak jenis hasil kreativitas IKM di Dompu, ada minuman yang unik yaitu De Arika. De Arika ini sejatinya jus jagung yang diolah dengan treatment khusus. Minuman menggunakan bahan baku jagung muda, gula, dan susu. Yang menarik, prodak ini tidak menggunakan pengawet. Diproduksi IKM Arika, produksi mereka mencapai 1.500 botol per bulan. Harga yang ditawarkan Rp5.000-Rp7.000. Distribusinya di wilayah Dompu hingga Mataram.

“Jus jagung ini tidak difermentasi, sehingga harus cepat diminum. Prodak ini sempat dikirim ke Malang dan Jakarta dengan cara dibekukan. Selain jus jagung, IKM kami juga tetap mempeoduksi prodak olahan lain. Untuk jus jagung ini baru jalan beberapa tahun terakhir,” tututr Liliek lagi.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi


Comment

Loading...