Hari Kedua Ujian, Ada Soal UNBK Tidak Bisa Dibuka

Rabu, 11 April 2018 - 04:07 WIB
Ujian hari kedua, Selasa (10/4), mata pelajaran matematika, di laboratorium 5 SMAN 1 Lawang. (Foto: tikahapsari/jawapos.com)

FAJAR.CO.ID — Kendala ujian nasional berbasis komputer (UNBK) mulai dirasakan di Kabupaten Malang, Jawa Timur pada hari kedua ujian, Selasa (10/4/2018). Satu soal ujian mata pelajaran matematika, tidak bisa dibuka.

Hal ini menimpa salah satu siswa SMA Negeri di Kabupaten Malang.

“Ada di sekolah lain, di Kabupaten Malang yang soalnya tidak bisa dibuka. Tapi lainnya aman,” kata Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Negeri Kabupaten Malang, Supaat, kepada JawaPos.com, Selasa (10/4), tanpa menyebutkan sekolah tersebut.

Paat menjelaskan, kejadian ini hanya menimpa salah satu siswa saja. Namun, untuk 3.858 peserta UNBK lainnya dari SMA Negeri di Kabupaten Malang dapat mengerjakan tanpa kendala.

Sebagai informasi, peserta UNBK berjumlah 3.860 siswa. Satu orang berhalangan mengikuti karena dalam perawatan rumah sakit pasca operasi syaraf otak. Sementara satu siswa mengalami kendala soal tidak bisa dibuka.

“Untuk kendala ini, sekolah yang bersangkutan sudah membuat berita acara. Solusinya, soal tersebut dianulir sehingga dianggap benar,” imbuhnya ditemui di sekolah yang dipimpin, SMAN 1 Lawang.

Secara keseluruhan, lanjut warga Sawojajar Kota Malang itu, UNBK hari kedua berjalan dengan lancar. Menurut siswanya, soal hampir sama dengan try out dan latihan yang kerap diikuti oleh siswa.

Selain itu, untuk sarana dan prasarana juga tidak mengalami kendala apapun. Pihak sekolah menyediakan satu unit genset dan satu petugas dari Telkom yang disiagakan di sekolah.

Tujuannya, agar ketika ada kendala jaringan internet, dapat teratasi dengan mudah, karena ada petugas Telkom yang siaga.

“Kami antisipasi kemungkinan terburuk dengan menyediakan genset dan petugas Telkom. Sekolah lain juga sudah melakukan langkah antisipatif,” tegasnya. (tik/JPC)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *