NasDem: Kalau Gatot Masuk Rumus, Kita Ambil

Rabu, 11 April 2018 - 04:37 WIB
Jokowi dan Gatot Nurmantyo. (Foto: Net)

FAJAR.CO.ID — Kendati mendukung Joko Widodo tanpa syarat, Anggota Dewan Pakar NasDem, Taufiqulhadi, menjelaskan bahwa partainya tetap turut aktif dalam mencarikan calon wakil presiden yang cocok untuk petahana.

Menurutnya, ada dua rumus yang diterapkan NasDem untuk menjaring kandidat. Pertama, pasangan itu harus berlatar belakang sipil-militer.

“Rumus kedua Jawa-luar Jawa,” jelasnya.

Dia menjabarkan, jika Jokowi ingin mengambil seorang yang berlatar belakang militer, maka tidak perlu mempertimbangkan rumus Jawa-luar Jawa.

“Kalau kemudian mengambil sipil, maka harusnya luar Jawa, karena itu nanti aka membuat basis dukungan menjadi luas,” urainya.

Itu artinya, peluang Panglima TNI Jenderal (purn) Gatot Nurmantyo untuk mendampingi Jokowi dari Nasdem terbuka lebar. Pasalnya, Gatot meskipun berasal dari Jawa, dia memiliki latar belakang militer. Artinya, penggabungan Jokowi-Gatot memenuhi rumus pertama Nasdem.

Taufiq mengakui bahwa Gatot memiliki peluang untuk bisa bersanding dengan Jokowi. Apalagi, jika mantan KSAD itu memenuhi kriteria yang diingin Jokowi dan partai pengusung lain.

“Kalau memang kami menganggap tepat, ya kita ambil. Tapi misalnya kalau Pak Gatot tidak ingin, ya kita tidak ada rasa kehilangan apapun,” tukasnya. (ian)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.