Tergiur Keuntungan, Pelaku Pengoplos Gas Diciduk Polisi

Rabu, 11 April 2018 - 15:53 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dit Reskrimsus Polda Sulsel berhasil mengamankan pelaku pengoplosan tabung gas elpiji dari 3 kilogram disulap menjadi 12 menjadi kilogram.

Pada pengungkapan tersebut, polisi berhasil mengamankan tiga orang tersangka yaitu LA, yang ditangkap pada hari Rabu 28 Maret 2018 di Jalan Sipil Raya Ruko No. 11 RT 004 RW 10 Kelurahan Bangkala Kecamatan Manggala. Sedangkan  SA, dan HT diamankan pada hari Sabtu 24 Maret di Jalan Tol Ir.Sutami Kota Makassar.

Pemeriksaan yang dilakukan terhadap tersangka, Kegiatan pengoplosan/pemindahan isi tabung Gas 3 kg kedalam setiap tabung gas 12 kg, dengan menggunakan regulator yang dibuat sendiri.

“Dimana tersangka tidak memiliki keahlian untuk melakukan pengisian serta tempat dan alat yang digunakan tidak mendapatkan isi dari pihak pertamina,” kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani pada Konferensi pers Perkara Temuan Pengoplosan Tabung Gas Elpiji Dari 3 kg ke 12 kg di Pelabuhan Makassar, Jalan Nusantara, Rabu (11/4/18).

Pengoplosan gas tersebut atas dasar keuntungan yang lebih besar, sebab tabung gas elpigi 3 kg bersubsidi dijual hanya mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 2.000 per kilogram. Sementara bila tabung gas 3 kg sebanyak 4 buah dipindahkan ke tabung 12 kg akan mendapatkan keuntungan Rp. 80.000; pertabung.

“Jadi dia beli saja tabung yang 3 kg kemudian dioplos di tabung 12 kg dan dijual 150 ribu, karena tabung 3 kg itu subsidi pemerintah, sementara 12 kg itu non subsidi,” tutur Dicky.

Adapun barang bukti yang disita dari ke tiga pelaku yaitu, 99 buah tabung gas 12 Kg, 589 tabung gas 3 Kg, 31 buah Regulator, satu buah timbangan tabung gas, dua Unit Mobil dan STNK-nya.

“Kita yakin ditempat lain ada juga modus seperti ini, karena mereka memanfaatkan celah dari pada aturan negara kita bahwa tabung 3 kg itu kaum miskin. Mereka dikenakan UU RI No. 8 Tahun 1988 tentang perlindungan konsumen, dengan ancaman 5 tahun penjara dan denda 2 Miliar rupiah,” jelas Dicky. (Sul/fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.