Kemenhub Beri Lampu Hijau AirAsia Buka Rute Silangit-India

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mempersilakan Maskapai AirAsia mengajukan izin membuka direct flight rute Silangit-India. Hal ini merupakan tindak lanjut audiensi AirAsia ke Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Panjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, 12 Maret 2018 lalu.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso mengatakan, pemerintah memang tengah menawarkan penerbangan langsung dari India ke Sumatera Utara. Khususnya menuju Bandara Silangit, Tapanuli Utara. Kemungkinan rute yang akan dibuka adalah Silangit-Bombay atau Kolkata-Silangit.

"Kami senang Maskapai AirAsia berminat membuka rute internasional di Silangit. Kita memang akan mengupayakan Sumatera Utara sebagai suatu daerah yang berkolaborasi dengan India. Selain lokasinya dekat secara etnis, juga banyak investor dari India yang tinggal di sana," kata Agus, Kamis (12/4).

Agus mengatakan, selain AirAsia, sudah ada beberapa maskapai yang telah mengajukan permintaan membuka rute penerbangan langsung India-Indonesia. Seperti Lion Air, Batik Air, juga Sriwijaya Air. "Beberapa maskapai juga sudah mengajukan permintaan. Garuda Indonesia juga sudah, tapi akan di-improve (ditingkatkan)," kata Agus.

Menurutnya, pemerintah kedua negara juga tengah melakukan pembahasan untuk bisa menambah rute tersebut.

"Kita memang masih punya hambatan, ada batasan jumlah yang kita peroleh untuk direct flight. Kita akan ajukan untuk ditambah dan pembahasannya masih berlangsung," tuturnya.

Sementara Direktur Niaga AirAsia Indonesia, Rifai Taberi mengatakan, faktor infrastruktur pariwisata menjadi pertimbangan AirAsia (global). Terutama bila ingin membuka rute penerbangan baru ke Indonesia.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi

Comment

Loading...