NH-Aziz Sudah Unggul, Amin Syam: Waspadai Kecurangan

Kamis, 12 April 2018 - 12:33 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Mantan Gubernur Sulsel, Amin Syam, mengingatkan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz) beserta seluruh tim pemenangan untuk mewaspadai kecurangan. Kata dia, meski NH-Aziz saat ini sudah unggul, kecurangan bisa membalikkannya bila tidak diantisipasi sejak dini.

Peringatan Amin Syam merujuk pengalamannya pada Pilgub Sulsel 2007. Kala itu, Amin Syam yang berstatus petahana harus tumbang karena ‘dikerjai’. Amin Syam yang berpasangan dengan Mansyur Ramli merasa dicurangi. Kecurangan itu terjadi sistematis dan terstruktur yang membuatnya kehilangan begitu banyak suara.

“Kalau soal keunggulan, Insya Allah NH-Aziz sudah di atas. Yang perlu diwaspadai itu yang maju terus macecceng, marecu, mabuaja. Itu karena kalau bermain jujur, tentunya tidak bisa menandingi NH-Aziz,” kata Amin Syam, saat acara ‘Appasitangngarenna To Bone’ di kediaman NH, Jalan Mapala, Kota Makassar, Rabu (11/4) malam.

Di hadapan tokoh masyarakat dan aktivis asal Kabupaten Bone, Amin bercerita terkait kekalahannya pada Pilgub Sulsel 2007. Ia menyebut harus takluk karena kala itu masyarakat Bone juga tidak bersatu. Amin Syam kehilangan 35 ribu suara di Bone, padahal selisih suara dengan pemenangan hanyalah berkisar 25-27 ribu suara.

“Pertanyaannya, siapa yang hilangkan? Ya bukan orang lain, ya orang Bone juga. Nah, sekarang apakah masih mau seperti itu? Mari kita bersatu memilih kandidat terbaik dan itu adalah NH-Aziz yang juga putra asal Bone,” ujar dia.

Kata Amin Syam, kecurangan pada pilkada harus diantisipasi sejak dini lantaran ragamnya sangat banyak. Pada Pilgub 2007, tatkala sudah memenangkan gugatan sengketa pilkada di MA yang memerintahkan pemungutan suara ulang di beberapa kabupaten, tiba-tiba diajukan PK yang bermuara pada kemenangan rivalnya. (rls/fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.