Mangindaan Minta Rakyat Cermat: Pemimpin Merakyat itu Bukan Cuma Ketemu Rakyat

Jumat, 13 April 2018 - 05:33 WIB
FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Wakil Ketua MPR RI EE Mangindaan mengimbau masyarakat untuk cermat dalam memilih pemimpin demi mewujudkan kesejahteraan yang diharapkan.

Menurutnya, pemimpin yang mampu mewujudkan kesejahteraan rakyat adalah pemimpin yang dalam membuat kebijakan tidak hanya untuk kepentingan pribadi dan kelompoknya saja melainkan pada rakyatnya.

“Ini yang susah, beda-beda tipis, bicaranya kepentingan banyak orang tapi bisa tercium itu kepentingan kelompok,” ujar Mangindaan dalam Seminar Nasional ‘Tata Kelola Pemerintahan Desa Untuk Kesejahteraan Rakyat’ di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Manado, Sulawesi Utara, Kamis (12/4).

Untuk itu, pemimpin yang baik menurutnya yang mampu melepaskan keberpihakan tersebut ialah pemimpin yang mau turun ke masyarakatnya.

“Pemimpin yang merakyat, jangan yang hanya sekedar berkunjung, naik mobil, buka jendela pun tak mau, tidur di mobil. Itu kelihatannya sepele, tapi waktu terbuang-terbuang percuma untuk kepemimpinan dia, jadi harus merakyat, otaknya harus terus memikirkan rakyat, ini sering dibicarakan namun implementasinya bukan gampang,” ujar Mangindaan.

Kemudian, politisi senior Partai Demokrat ini juga kembali menekankan pemimpin harus mau memperjuangkan kepentingan rakyat terutama kepentingan dalam menjaga persaudaraan sesama.

“Jangan lips service saja, bicaranya betul tapi sebenarnya tidak memperjuangkan kepentingan rakyat,” tambahnya.

Hal penting lainnya yang perlu dipegang pemimpin menurutnya adalah yang mampu memanfaatkan jaringannya untuk kepentingan rakyat, tidak hanya persatuannya saja tapi juga kemajuan masyarakatnya ke depan.

“Mampu menjawab seluruh tantangan bangsa, bukan hanya membuat Indonesia bersatu tetapi juga maju, jadi tidak berhenti begitu saja,” demikian Mangindaan. [rus]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.