Kepala SMP di Gowa Terima Laporan Siswa Belum Lancar Membaca

Sabtu, 14 April 2018 - 08:13 WIB

FAJAR.CO.ID — Fenomena miris dalam dunia pendidikan terjadi di Kabupaten Gowa, Sulsel. Sejumlah siswa SMP bahkan SMA terindikasi belum lancar membaca. Padahal sedianya, siswa sudah menuntaskan pembelajaran ini di bangku SD.

Salah satunya terjadi di SMP Negeri 2 Sungguminasa. Di antara 554 siswa kelas IX, masih terdapat siswa yang disinyalir belum begitu lancar membaca. Hal tersebut diakui oleh Kepala SMP Negeri 2 Sungguminasa, Adri Lairing, Selasa (27/3).

“Laporan dari guru kurang lancar (membaca). Jadi, baru disinyalir tidak tahu membaca,” ujarnya.

Atas laporan dari guru tersebut, Adri menjelaskan, dirinya akan memanggil siswa yang bersangkutan. Pemanggilan itu untuk mengetahui lebih lanjut terkait kemampuan membaca siswa tersebut.

“Saya belum cek baik ini anak, apakah dia tidak tahu ataukah malu. Kalau tidak tahu itu, tidak tahu menyambung huruf. Kalau tidak lancar, dia hanya malu. Saya mau ketemu langsung, mau tes,” ujarnya.

Adri pun mengungkapkan, pihaknya akan segera memberikan treatment khusus terhadap siswa tersebut apabila benar-benar tidak lancar membaca. Kata Adri, kursus privat membaca akan disediakan agar seluruh siswa SMP Negeri 2 Sungguminasa bebas dari buta aksara.

“Perlu kursus khusus itu. Saya tidak mau anak-anakku tidak bisa membaca. Jadi, ada pasti waktu khusus, diturunkan guru2 andal, khususnya guru Bahasa Indonesia bekerja sama dengan orang tua,” tandasnya. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *