Bendungan Jeneberang Jebol, 24 Ribu Pelanggan Kekurangan Air Bersih

Selasa, 17 April 2018 - 19:03 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kerusakan salah satu bantalan nomor 3 pada Bendungan Karet Sungai Jeneberang, mengakibatkan suplai air bersih dibeberapa daerah di Makassar mengalami penurunan.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Teknik PDAM Kota Makassar, Kartia Bado, saat konferensi pers di salah satu kafe di Makassar, Selasa (17/4/18) sore.

Jebolnya bendungan karet tersebut diduga kuatĀ faktor lamanya bendungan karet tersebut. Dengan demikianĀ  terjadi penurunan volume air kurang lebih 90-100 liter perdetik.

“Kalau kita lihat operasionalnya tidak mungkin akibat sampah, tapi diduga kuat karena sudah lama itu bendungan karena dibuatnya pada tahun 1996, jadi peristiwa tersebut bisa saja terjadi,” kata Kartia.

Dampak jebolnya bendungan itu, kerugian ditaksir hingga 180 juta. Tak hanya itu, sekitar 24 ribu pelanggan tidak bisa memanfaatkan air bersih akibat kerusakan tersebut.

“Kejadiannya sudah 3 hari. Airnya tidak mati total tapi terjadi pengurangan debit air.Hal lain kualitas air tidak bisa diolah karena tidak sesuai standar air minum indonesia,”jelasnya.

Adapun daerah yang terkena dampak yaitu daerah Tanjung, seluruh perumahan di GMTD, Deppawasi, Kecamatan Mariso, sebagian Jalan Cendrawasih, Satando, Barukang, sekitar utara kota. (sul/fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *