Heboh! Video Jenazah Saddam Hussein Terlihat Utuh, Ini Fakta Sebenarnya

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, Presiden Iraq, Saddam Hussein tewas digantung pada 30 Desember 2006 silam dengan tuduhan mengembangkan senjata pemusnah massal. Ia dimakamkan di kampung halamannya di dekat Tikrit di Kota al-Awjah, Irak pada besok harinya setelah dieksekusi mati.

12 tahun sudah tewasnya Saddam Hussein di tiang gantungan. Namun belum lama ini sebuah video tengah viral di jagat maya. Video yang berdurasi 8 menit 37 detik itu, dikatakan sebagai video penggalian makam jasad penguasa diktator itu.

Dalam video itu terlihat jelas wajah mayat Sadam Husein yang terbalut kain kaffan. Ia juga sedang disalat oleh warga di sebuah Masjid. “JENAZAH PRESIDEN IRAQ SADAM HUSEIN MASIH UTUH,”  demikian keterangan dalam video yang beredar itu.

Lantas Benarkah itu merupakan jasad Sadam Husein yang masih utuh?

AFP PHOTO / AHMAD AL-RUBAYE

Fajar.co.id mencoba untuk menelusuri kebenaran kabar tersebut. Dilansir dari alarabiya, jasad Sadam Husein hingga saat ini tak pernah ditemukan setelah Ia dimakamkan pada 2006 silam.

Alarabiya menulis, Bangunan makam Sadam Husein porak-poranda saat konflik antara pejuang oposisi dan militer Iraq pada tahun 2014 lalu. Saat itu pula kuburnya yang dahulunya banyak dikunjungi oleh para kerabat dan pendukungnya, kini tinggal puing-puing bangunan yang berserakan.

Makam Sadam Husein dikatakan telah hilang, bersama dengan makam putra-putranya yang ikut dibunuh pada Juli 2003 oleh Amerika.

Hashd, sebuah unit paramiliter yang menjaga makam trsebut mengatakan, makam itu telah dihancurkan oleh angkatan udara Irak. Mereka berpikir bahwa tubuh Sadam Husein masih berada di bawa puing-puing makam tersebut.

Berbagai spekulsi soal makam Sadam Husein bermunculan. Jaafar al-Gharawi, kepala keamanan setempat bersikeras mengklaim Mayat Sadam Husein masih terkubur di bawah reruntuhan.

Lain sisi, Salah seorang pejuangnya berspekulasi bahwa putri Saddam yang bernama Hala, telah terbang dengan pesawat pribadi dan membawa mayat ayahnya ke Yordania.

Sementara video yang viral tersebut diduga merupakan video prosesi pemakaman Sadam Husein di kampung halamannya sehari setelah dieksekusi mati pada tanggal 31 Desember 2006. (dal/fajar)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...