Bangun Olahraga Malut, Abdul Gafur Gandeng Perbafi

Rabu, 18 April 2018 - 15:55 WIB

JAKARTA — Nama Abdul Gafur begitu lekat dengan dunia olahraga Indonesia. Dia pernah menjabat Menteri Pemuda dan Olahraga di era Orde Baru periode 1983-1993.

Di usianya yang kini sudah menapak 78 tahun, semangat pria asal Halmahera, Maluku Utara ini tak pernah padam. Masih ada ambisi yang ingin diwujudkan di usia tuanya.

“Saya masih ingin berbakti untuk kampung halaman. Membangkitkan olahraga di Maluku Utara sehingga sejajar dengan daerah lain,” ungkap Gafur saat menerima Pengurus Persatuan Binaraga Fisik Indonesia (Perbafi) di kediamannya, Rabu, 18 April.

Seperti halnya Menpora, Imam Nahrawi, Gafur juga terpukau dengan konsep pembinaan atlet di Perbafi. Politikus senior asal Partai Golkar ini pun menawarkan Maluku Utara sebagai pusat pembinaan olahraga yang ditangani Perbafi.

“Kami akan mendirikan Gafur Foundation dan menggandeng Perbafi sebagai mentor. Karakter masyarakat di Malut sangat cocok jika disiapkan sarana seperti gym. Ini bisa mempercepat pembinaan atlet,” sebut Gafur.

Mendapat tantangan tersebut, Perbafi tak kalah antusiasnya. Menurut Ketua Umum Kemalsyah Nasution, pihaknya sangat terbuka untuk menerima tawaran kerja sama yang bersifat edukasi.

“Kami tak hanya membina atlet untuk mengejar prestasi. Tak kalah pentingnya pembinaan usia dini dan meletakkan pondasi olahraga yang kuat di masyarakat,” jelas Kemal.

Dalam waktu dekat, sebagai langkah awal, akan digelar PERBAFI CHALENGE di Ternate. Ajang yang bisa menjadi batu loncatan atlet-atlet muda di Maluku Utara untuk melangkah ke pentas Internasional. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.