Dugaan Awal, Jangkar Kapal yang Bikin Pipa Pertamina Putus


FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Hingga kini penyebab putusnya pipa minyak Pertamina yang berdampak pencemaran Teluk Balikpapan masih menjadi teka-teki. Namun, berdasarkan investigasi yang masih terus dilakukan, diduga kebocoran pipa itu akibat tertarik jangkar kapal.

Kepala Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro mengatakan, ketika terjadi tumpahan minyak yang disusul kebakaran hebat di perairan Teluk Balikpapan, Sabtu (31/3), pihaknya langsung mengambil langkah inisiatif, yakni mempersiapkan tim survei darurat. Setelah diketahui ada kebocoran pipa pada Rabu (4/4), tim lantas memulai investigasi pada Jumat (6/4) malam.
“Informasinya memang sempat simpang siur. Yang awalnya katanya dari kapal, kemudian Pertamina mengaku pipanya patah. Setelah kami cek memang benar ada pipa yang patah,” ujarnya dikutip dari Kaltim Post (Jawa Pos Grup), Rabu (18/4).
Teluk Balikpapan yang sempat terkena tumpahan minya terlihat sudah bersih.
Teluk Balikpapan yang sempat terkena tumpahan minya terlihat sudah bersih. (dok. istimewa)

Mantan Wakil Asisten Operasi Panglima TNI ini melanjutkan, berdasarkan data Automatic Identification System (AIS), pada saat kejadian hanya kapal kargo MV Ever Judger yang melintas di kawasan DTT (daerah terbatas dan terlarang). Masih dari data AIS, MV Ever Judger bergerak dari dalam teluk ke arah luar (utara ke selatan) pada 30 Maret 2018 dengan kecepatan 1,6 knot. Kapal berada pada titik patahnya pipa sekitar pukul 22.05 Wita.

Komentar

Loading...