Serius UNBK Susulan Walau Hanya Satu Peserta

FAJAR.CO.ID -- Hanya satu siswa saja yang berada di ruang ujian SMA Negeri 2 Pare, Kediri, kemarin (17/4/2018). Dia adalah siswa yang harus mengikuti ujian susulan.

Saat pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) beberapa hari lalu sang siswa berhalangan.

Sama seperti pelaksanaan ujian reguler yang diikuti puluhan siswa per kelasnya, persiapan untuk pelaksanaan ujian susulan itu tetap saja menyita waktu.

“Meskipun yang ujian hanya satu orang tapi persiapannya tetap sama. Sinkronisasi juga sama, seperti halnya ujian diikuti 40 siswa,” jelas Wakil Kepala Bagian Kurikulum SMAN 2 Pare Hari Budianto.

Pihak sekolah, menurut Hari, sangat matang mempersiapkan ujian susulan. Mulai dari penyediaan internet berkekuatan 50 megabytes (MB) ke laboratorium komputer tempat lokasi ujian berlangsung, walaupun yang menggunakan hanya satu orang. Juga, ada 10 MB lagi yang dialirkan ke ruang tata usaha (TU). Selain itu, proses sinkronisasi dilakukan malam hari sebelum ujian, atau Senin (16/4) malam.

Selain itu, ada tiga orang yang hadir mendampingi siswa yang ikut ujian susulan. Satu orang pengawas, satu orang proktor, dan satu orang teknisi. Sedangkan yang ikut ujian susulan kemarin adalah Muhammad Shobiran, siswa kelas XII jurusan IPA.

Karena sendirian, Shobiran terlihat tegang. Walaupun demikian, dia ternyata sudah keluar ruangan setengah jam sebelum waktu UNBK selesai. Sesuai jadwal, UNBK susulan berlangsung mulai pukul 07.30 dan selesai pukul 09.30.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi


Comment

Loading...