Serius UNBK Susulan Walau Hanya Satu Peserta

Saat ujian susulan kemarin, Novia dijaga oleh tim lengkap. Terdiri dari proktor, guru pengawas, dan teknisi. Menurut Eko walaupun ujian susulan namun teknis ujian tetap sama dengan UNBK reguler. Mulai dari sinkronisasi server oleh proktornya, membuat berita acara, laporan hingga upload hasil ujian. “Alhamdulillah untuk ujian hari ini cukup lancar. Karena Novia tidak ikut UNBK empat hari dulu. Kali ini dia harus ikut dua hari ujian dengan empat mata pelajaran sekaligus,” terang Eko.

Kasi Pendidikan SMA dan SMK Cabdispendik Jatim wilayah Kediri Sidik Purnomo menerangkan bahwa untuk ujian susulan ini ada 13 siswa yang mengikuti. Baik dari wilayah Kota maupun Kabupaten Kediri. Rinciannya, 6 siswa dari siswa SMA/MA dan 7 siswa dari SMK. Yang mengikuti ujian susulan secara penuh sebanyak 6 siswa. “Tidak jarang ada siswa yang mengikuti UNBK beberapa mapel karena ada halangan mendadak,” ungkapnya.

Di SMKN 3 Kediri misalnya. Kemarin ada peserta ujian susulan hanya bahasa Indonesia dan matematika saja. Sedangkan untuk jadwal hari ini, bahasa Inggris dan teori kejuran, dia tidak ikut. Karena sudah ujian reguler. “Dulu dia jelang ujian kecelakaan. Namun dua hari, Rabu (11/4) dan Kamis (12/4) sudah bisa ikut ujian,” terang Sidik.

Menurut Sidik, semua siswa yang terdaftar ikut ujian susulan masuk seluruhnya. Seandainya ada yang tidak datang di ujian susulan, otomatis dinyatakan tidak lulus. Karena salah satu syarat lulus sekolah adalah kehadiran di UNBK. “Langsung tidak lulus karena setelah ini tidak ada UNBK susulan lagi,” tegas Sidik. (rk/*/fiz/die/JPR)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi


Comment

Loading...