Banyak Anak Putus Sekolah di Bantaeng, NA “Plin-Plan” Soal Data

Jumat, 20 April 2018 - 07:23 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Banteng, dikuliti oleh para kandidat calon gubernur, pada Debat Kandidat Pilgub Sulsel 2018, Kamis (19/4/2018). Hal itu setelah Cagub Nurdin Halid melontarkan pertanyaan kepada Nurdin Abdullah.

Materi pertanyaan Nurdin Halid, soal angka anak putus sekolah di Bantaeng yang cukup tinggi. Menurut Nurdin Halid, berdasarkan data Badan Pusat Statistik atau BPS, angka putus sekolah di Bantaeng memprihatikan.

Mendapat pertanyaan itu, Nurdin Abdullah enggan membenarkan data dari BPS. Ia mengaku tidak tahu menahu dan memilih untuk mengeceknya nanti. “Kalau data itu, saya kira nanti saya cek dulu,” kelitnya.

Jawaban itu ditanggapi Nurdin Halid, si penanya. Menurutnya, angka putus sekolah di Bantaeng yang cukup tinggi, karena faktor ekonomi. “Karena di Bantaeng ada seorang ibu datang ke saya minta digratiskan sekolah,” katanya.

Soal kemiskinan di Bantaeng, sebelumnya menjadi materi pertanyaan Ichsan Yasin Limpo kepada Nurdin Abdullah. Nurdin Abdullah pun menyalahkan data BPS. Ia mengaku, keberhasilannya memimpin adalah penilaian rakyat. “Datanya yang harus kita evaluasi. Karena jalanan di Bantaeng bagus,” jawab Nurdin Abdullah.

Karena jawaban Nurdin Abdullah tak jelas, Ichsan pun melontarkan pertanyaan lanjutan. Menegaskan pertanyaan pertama. “Justru itu apa yang saya tanyakan, karena kontradiktif antara fakta dan data,” lanjut Ichsan.

Diluar dugaan, Nurdin Abdullah kembali memberi jawaban tak pasti. Dan lagi-lagi menyalahkan data. “Ya jujur saja. Saya bingung datanya seperti ini,” tutupnya. (rls/fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.