Keluar Penjara Bukannya Kapok malah Nyolong Lagi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SAMARINDA – Azis (52), warga Jalan S Parman, Kelurahan Temindung Permai, Kecamatan Sungai Pinang, itu bukanlah pendatang baru dalam dunia maling. Ya, pria tersebut langganan berurusan dengan aparat di Polsekta Samarinda Ulu. Sepekan lalu, dia baru saja keluar dari jeruji besi karena mencuri uang di kotak amal. Nah, kemarin (18/4), perbuatan serupa kembali diulangi. Kali ini aksi panjang tangannya dia lakukan di masjid kawasan Universitas Mulawarman, Gunung Kelua.

Aksi ngutil pria paruh baya itu malah diketahui beberapa mahasiswa. Untuk keempat kalinya Azis harus menginap di penjara markas polisi di Jalan Juanda. Sebelum kejadian, Azis memang layaknya orang yang hendak beribadah. Jadi, mahasiswa yang menjalankan salat Subuh berjamaah tak menaruh curiga.

Namun, saat semua jamaah di masjid selesai salat, niat maling Azis mulai keluar. “Kotak itu di ujung. Sedikit-sedikit saya geser badan untuk mendekat,” ungkapnya. Tindakan pria yang belum pernah menikah itu rupanya diam-diam diperhatikan oleh seorang warga.

Azis pun mencongkel kotak amal itu. Dia sempat mengeluarkan total Rp 10 ribu. Nahas, saat berusaha mengeluarkan uang yang lain, beberapa orang langsung meneriakinya. Kaget, Azis pun ambil langkah seribu. Sayangnya, yang mengejar dia adalah sekelompok anak muda yang lebih cepat dan gesit. Dia pun tertangkap.

Setelah berada di Polsekta Samarinda Ulu, polisi pun hanya bisa tersenyum. “Enggak adakah kerjaan kamu selain begini?” tanya seorang petugas. Azis sudah empat kali keluar-masuk penjara, dengan kasus pencurian. Uniknya semua aksi kriminal yang dilakukannya, tak pernah membuatnya lama di penjara. Pasalnya, kerugian yang diderita tak pernah lebih dari Rp 2,5 juta. Selain mencuri uang dalam kotak amal di Kompleks Unmul dan Jalan Dr Soetomo, dia pernah beraksi di Pasar Segiri dan Perumahan Batu Alam Permai. Dia juga pernah maling ayam dan burung.

Kapolsekta Samarinda Ulu Kompol Raden Sigit Satrio Hutomo menjelaskan, siapa dan di mana saja, ketika bertemu dengan orang baru, harus benar-benar diperhatikan. “Jangan mudah tertipu dengan penampilan,” singkatnya. (*/dra/iza/k8)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...