Polda Perpanjang Penahanan Bos PT Abu Tours

Senin, 23 April 2018 - 08:05 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulsel memperpanjang masa penahanan tersangka CEO PT Abu Tours, Hamzah Mamba, dalam kasus dugaan penggelapan, penipuan dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) uang calon jamaah umroh sebesar Rp1,4 triliun.

Tersangka Hamzah Mamba, telah menjalani masa penahanan 20 hari sejak Jumat, (23/3/2018) lalu.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, membenarkan bila penyidik telah memperpanjang masa penahanan tersangka.“Penahanan HM sudah diperpanjang, sebelum masa penahanan 20 harinya habis,” ujar Dicky Sondani.

Dicky menuturkan bila penyidik telah memperpanjang masa penahanan kedua, terhadap tersangka. Penyidik perpanjang masa penahanan tersangka selama 40 hari terhitung sejak masa penahanan pertama selama 20 hari di tahap penyidikan, telah habis.

Ditanya terkait rencana pelimpahan tahap I berkas penyidikan tersangka bos PT Abu Tours ke Kejaksaan Tinggi Sulsel. Dicky berdalih bila penyidik belum ada rencana untuk melimpahkan berkas kasus tersebut.

“Kita tidak ingin terlalu terburu-buru melimpahkan berkasnya. Masih ada waktu untuk mengumpulkan mengumpulkan bukti-bukti dan menyempurnakan berkasnya,” tandasnya.

Diketahui tersangka bos Travel Abu Tours, Hamzah Mamba, dalam kasus ini dijerat dengan pasal 45 TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang) dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara, denda Rp10 miliar.

Dimana dalam kasus ini total kerugian uang jamaah sebesar Rp1,8 triliun, dari jumlah jamaah sebanyak 86.720 orang, yang tersebar di 15 kota di Indonesia.(mat/bkm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *