Demokrat Masih Ingin Poros Ketiga di Pilpres 2019

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kabar poros ketiga di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 masih menjadi harapan Partai Demokrat. Ini terlihat dengan masih dilakukannya komunikasi intens dengan partai-partai politik lainnya.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Agus Hermanto mengatakan, peluang poros ketiga kemungkinan besar akan dilakukan dan peluang itu masih terbuka. Saat ini, Partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu baru memiliki 10 persen suara di DPR RI, dan masih membutuhkan koalisi dengan partai lain untuk melengkapi 20 persen suara sebagai syarat mengusung calon Presiden di Pilpres 2019.

“Tentunya dengan kemungkinan-kemungkinan untuk pengusungan poros ketiga. Tentu itu selalu dilakukan karena kemungkinan itu banyak. Seperti misalnya saat ini Partai Demokrat br memiliki kursi 10% lebihlah dan 10% lagi harus mencari tambahan,” kata Agus Hermanto di Gedung DPR RI, Selasa (24/4).

Menurut politisi senior asal Jawa Tengah itu, peluang membangun koalisi dengan beberapa partai politik masih terbuka lebar, baik itu dengan PPP, PKS, PAN hingga PKB.

“Diantaranya bisa saja daru PKS, PPP, PAN atau bisa juga dari PKB. Sehingga koordinasi ini perlu dilakukan utk menentukan langkah selanjutanya, untuk menempatkan strategi yang jitu terhadap Pilpres 2019,” ujarnya.

Meski begitu, Partai Demokrat pun tak menapik bahwa elektabilitas Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terus naik bila dipasangkan dengan Joko Widodo atau Prabowo Subianto sebagai calon wakil Presiden di Pilpres 2019.

“Kalau yang saya ketahui beberapa survei, AHY ini dipasangkan dengan siapa saja, dalam hal ini dengan Pak Jokowi, Jokowi makin meroket. Dipasangkan dengan Prabowo, Prabowo juga naik,” ucapnya.

Lebih lanjut politisi yang beken disapa Aher ini, hampir sebagian besar kader Partai Demokrat dan anak-anak muda menginginkan sosok AHY tampil di Pilpres 2019.

“Karena memang dari misalnya, java tour yang kemarin kita laksanakan, sebagian besar masyarakat RI, apalagi dari kader partai dan kawula muda, itu banyak yang pengen AHY juga jadi leader,” akuinya.

“Dalam hal ini leader itu bisa saja Presiden, bisa juga Calon Wakil Presiden. Itulah yang kita dapat dari masyarakat. Sehingga kalau ada survei untuk Cawapres, AHY punya elektabilitas tinggi, kami percaya itu,” tutup Aher. (Aiy/Fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...