Kompetisi Debat Demokrasi, KPU Kepulauan Selayar Bekali Siswa Tentang Politik

Selasa, 24 April 2018 - 17:07 WIB

FAJAR.CO.ID, SELAYAR — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Selayar akan menggelar Kompetisi Debat Demokrasi tingkat SMA se Kabupaten Selayar. Pihak panitia pun mulai melakukan rapat persiapan pelaksanaan yang dilaksanakan di Rayhan Resto, Jl Jend Ahmad Yani Benteng, Kepulauan Selayar, Selasa (24/4/28).

Sedikitnya 18 Tim Pelajar yang  berasal dari  SMA sederajat di Kabupaten  Kepulauan  Selayar  siap  berkompetisi  dalam Debat Demokrasi tersebut.

Ketua KPU Kepulauan Selayar, Hasiruddin S Sos, saat membuka rapat persiapan tersebut mengatakan bahwa pelaksanaan Kompetisi Debat Demokrasi ini dilaksanakan guna membangun kesadaran dan kapasitas pendidikan politik pelajar. Pentingnya pemilu dalam pelaksanaan demokrasi di Indonesia juga wajib diketahui.

Selain itu pelajar juga diharapkan menjadi agen-agen yang akan mensosialisasikan pentingnya pemilu dan demokrasi dalam lingkungan sekolah dan pelajar.

“Kita harapkan dapat memilih peserta terbaik, karena tim yang menjuarai kompetisi ini akan mengikuti kompetisi debat demokrasi antar siswa se Propinsi Sulsel Tahun 2018,” kata Hasiruddin.

Secara teknis, pelaksanaan Kompetisi Debat Demokrasi ini dijelaskan oleh Kasubbag Hukum KPU, Andi Dewantara SH. Ia menyebutkan bahwa pelaksanaan  Kompetisi Debat Demokrasi akan dilaksanakan  mulai 25 -27 April  2015.

“Untuk hari pertama 25 April merupakan babak penyisihan yang akan diikuti 18 Tim dari sekolah-sekolah se Kabupaten Kepulauan Selayar dan setiap tim berisi 3 Orang atau utusan sekolah,” jelasnya.

Pada hari  kedua  26 April, babak semi final yang akan diikuti 4 Tim terbaik dan pada hari terakhir 27 April 2018 akan dilaksanakan babak final oleh 2 tim  terbaik,” ujar Andi.

Lebih lanjut Andi Dewantara menjelaskan bahwa, dalam pelaksanaan debat ini peserta akan membahas dan memperdebatkan tentang sistem kepemiluan, demokrasi dan hal-hal lain  yang berkaitan dengan Pemilu.

Unsur penilaian peserta meliputi sistematika  berpikir, Ketepatan  analisis  atau  argumentasi,  Kerjasama Tim,  Aspek  Retorika  yang  meliputi  kejelasan  bicara,  Intonasi,  mimik  dan keseimbangan emosi, Kesesuaian  antara  Argumentasi, Isu, Fakta dan  data serta dasar hukum

Kegiatan ini  rencananya akan digelar  di Gedung PGRI Jl Jend Sudirman Benteng mulai besok 25 – 28 April 2018 dan akan  dipandu oleh Moderator Ketua LSM Same Sulaya Muhammad Yakub yang juga merupakan Pbt Ketua HMI Persiapan Cabang Kepulauan Selayar. (sul/fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.