Usut Aliran Dana Abu Tours, Polda Gandeng PPATK

Selasa, 24 April 2018 - 09:17 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulsel memperpanjang masa penahanan tersangka CEO PT Abu Tours Hamzah Mamba. Selain itu, penyidik juga menggandeng Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) guna mengusut aliran dana jamaah.

Hamzah Mamba yang menjadi tersangka kasus dugaan penggelapan, penipuan dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) calon jamaah umroh sebesar Rp1,4 triliun, ditahan sejak Jumat (23/3) lalu. Ia telah menjalani masa penahanan pertama selama 20 hari.

Kepala Bidang Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani, membenarkan bila penyidik telah memperpanjang masa penahanan tersangka. “Penahanan HM sudah diperpanjang, sebelum masa penahanan 20 harinya habis,” ujar Dicky Sondani, kemarin.

Ditanya terkait pelimpahan tahap I berkas penyidikan tersangka bos Abu Tours tersebut ke Kejaksaan Tinggi Sulsel, Dicky mengatakan bahwa penyidik belum ada rencana.

“Kita tidak ingin terburu-buru melimpahkan berkasnya. Masih ada waktu untuk mengumpulkan bukti-bukti dan menyempurnakan berkasnya,” tandasnya.

Dicky menambahkan, penyidik Ditreskrimsus Polda Sulsel juga telah menggandeng serta melibatkan PPATK untuk mendalami serta mengusut aliran transaksi keuangan PT Abu Tours, terkait dugaan TPPU dalam kasus ini. “Penyidik kerjasama dengan PPATK untuk menyelidiki aliran uang Abu Tours,” jelasnya. (mat/rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *