Kepsek kok Gini, Sudah Digaji Negara Malah Suka Bolos

Rabu, 25 April 2018 - 10:04 WIB

FAJAR.CO.ID, KELAY – Wakil Bupati (Wabup) Berau Agus Tantomo dibuat kecewa saat berkunjung ke Kecamatan Kelay pada Rabu (18/4) lalu. Penyebabnya, ketika menyambangi SMP di Kampung Long Keluh, dia mendapati oknum kepala sekolah yang diduga kerap bolos kerja.

Wabup yang bersama sejumlah wartawan hendak ke Kampung Long Lamcin meninjau lokasi rencana pendirian Sekolah Alam, menyempatkan mampir di SMP Long Keluh. Dia mendapatkan laporan jika oknum kepala SMP jarang ada di tempat, bahkan hanya turun bekerja sesekali dan tak hadir selama beberapa bulan. Hal seperti itupun diduga terus berulang.

“Saya sangat kecewa jika seperti itu, harusnya kepala sekolah menjadi contoh yang baik bagi guru-guru termasuk murid-muridnya. Dia inikan bertugas dan digaji negara,” tegas mantan anggota DPRD Kaltim ini.

Menurutnya, ketidakhadiran kepala sekolah tentunya berpengaruh pada proses pendidikan di sekolah tersebut. Misalnya saja yang berkaitan dengan administrasi maupun kebijakan-kebijakan lainnya yang menjadi tanggung jawab kepala sekolah terhadap sekolah yang dipimpinnya.

Terkait permasalahan tersebut, Agus sudah memerintahkan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) serta Inspektorat Berau, memanggil oknum kepala SMP di Long Keluh.

“Harus dipanggil dulu yang bersangkutan, kami mau tahu permasalahannya apa sampai jarang turun bekerja. Jika terbukti bersalah harus diberi sanksi tegas,” jelasnya.

Oknum kepala sekolah atau guru yang kerap mangkir dari tugasnya, bukan kali pertama terjadi di Kecamatan Kelay. Tahun lalu, kata Agus, ada guru yang kerap tak hadir mengajar di salah satu kampung dan telah mendapatkan sanksi.

Agus berharap, permasalahan serupa tak terjadi lagi di Kabupaten Berau, khususnya di Kecamatan Kelay. (app/udi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *