Pemerintah sudah Tetapkan Waktu Pembayaran THR untuk PNS, TNI dan Polri

Rabu, 25 April 2018 - 11:18 WIB
JAKARTA, 9/6 - DEMO PERANGKAT DESA. Ribuan perangkat desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) dari berbagai daerah berunjuk rasa di depan kantor Kementerian Dalam Negeri di Jakarta, Rabu (9/6). Mereka menuntut agar statusnya segera dinaikkan menjadi pegawai negeri sipil (PNS). FOTO ANTARA/Andika Wahyu/mes/10.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Peraturan pemerintah (PP) sebagai landasan  pembayaran THR PNS, TNI, dan Polri, serta pensiunan masih tahap finalisasi.

Informasi perkembangan pencairan THR (tunjangan hari raya) itu disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur usai peluncuran Sistem Informasi Perjalanan Dinas Luar Negeri (Simpel) di komplek Sekretariat Negara (Setneg), Selasa (24/4).

Terkait dengan anggaran yang harus disiapkan negara untuk membayar THR tersebut, Asman belum bisa menyampaikannya.

’’Angka (anggarannya, Red) saya belum dapat. Nanti kalau ada keputusannya, baru saya sampaikan,’’ tutur politisi PAN itu. Terkait kapan pencairannya, Asman mengatakan hampir sama dengan periode 2017.

Tahun lalu uang THR cair sekitar sepekan sebelum lebaran. Pemerintah menetapkan lebaran 2017 jatuh pada 25 Juni. Sementara itu pembayaran THR dilaksanakan mulai 20 Juni. Pemerintah mengalokasikan anggaran pembayaran THR dan gaji ke-13 tahun lalu sebesar Rp 23 triliun.

Untuk tahun ini diperkirakan anggarannya semakin besar. Sebab tahun ini pensiunan mendapatkan THR. Besarannya sama dengan ’’gaji’’ bulanan yang diterima para pensiunan.

Sementara tahun lalu pensiunan tidak mendapatkan THR. Pada periode 2016 secara khusus pemerintah mengalokasikan Rp 5,2 triliun untuk membayar THR PNS aktif. (wan/idr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *