Driver Minta Tarif Naik, Grab dan Gojek Harap Solusi dari Pemerintah

Kamis, 26 April 2018 - 04:21 WIB
Ilustrasi Gojek (Foto: Dok. JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID — Polemik kenaikan tarif transportasi berbasis online yang diajukan mitra pengemudi masih belum menemui titik terang.

Penyedia jasa transportasi online Gojek dan Grab memberikan tanggapannya terkait permintaan kenaikan tarif yang diajukan kedua belah pihak mitra pengemudi.

Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Karmadibrata, mengatakan bahwa Grab menghargai hak setiap warga negara, termasuk para mitra pengemudi. “Selama menyampaikan pendapat secara damai dan dalam koridor hukum,” kata Ridzki dalam keterangan pers yang diterima JawaPos.com, Rabu (25/4).

“Kami juga telah melakukan pertemuan dengan perwakilan mitra pengemudi. Mengenai kenaikan tarif yang mereka inginkan saat ini, Grab akan berusaha mencarikan skema terbaik untuk menaikkan pendapatan mereka,” tambah Ridzki.

Menurutnya, untuk dapat menaikkan pendapatan mitra pengemudi tidak hanya dari sisi tarif. Tetapi bisa juga melalui program lain yang dibuat Grab dengan tujuan menyejahterakan mitra pengemudi.

“Jika menaikkan tarif secara signifikan, justru dikhawatirkan akan berpotensi menurunkan jumlah permintaan penumpang. Itu justru mengancam kelangsungan pendapatan mitra pengemudi,” jelas Ridzki.

Senada, Gojek yang juga merupakan platform penyedia jasa ride sharing seperti Grab, menyebut bahwa pihaknya selalu terbuka untuk berdiskusi terkait penyesuaian tarif. Gojek berharap pemerintah dapat memberikan arahan dan jalan keluar yang konsisten. Hal tersebut bertujuan demi kesejahteraan mitra driver dan masyarakat dalam menggunakan transportasi online.

“Dalam membantu peningkatan kesejahteraan mitra, kami memberikan akses layanan asuransi melalui BPJS ketenagakerjaan dan asuransi terjangkau melalui program swadaya,” jelas Gojek melalui keterangan tertulisnya.

Selain itu, Gojek juga menyediakan layanan yang hanya ditujukan untuk rekan mitra pengemudi, antara lain, tabungan haji, umrah, dan kredit kepemilikan rumah. (ryn/JPC)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.