Meski Baru, Kubu Raya Jadi Daerah Pemasok Pangan Terbesar di Kalbar

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, KUBU RAYA – Kabupaten Kubu Raya kini menjadi salah satu daerah termaju di Provinsi Kalimantan Barat, pasca memutuskan mekar pada 10 tahun silam dari Kabupaten induknya, Pontianak.

Kabupaten yang saat ini dipimpin oleh Rusman Ali itu berubah menjadi daerah super power dibidang pangan. Kabupaten Kubu Raya menjadi daerah pemasok bahan pangan terbesar di Kalimantan Barat.

“Kubu Raya dulu tempatnya kayu dan kelapa sawit, sekarang perekonomian kelapa sawit makin meningkat. Ada 34 perusahan kelapa sawit di Kubu Raya yang sedang beroperasi dan juga merupakan perusahan terbesar di Kalbar. Potensi kami cukup besar di pertanian, kami surplus sebagai pemasok pangan di Kalbar, bisa menyangga kebutuhan Kalbar secara keseluruhan,” kata Pj. Sekda Kubu Raya, Odang Prasetyo kepada awak media, Minggu (28/4).

Dikatakan Odang, pemekaran Kabupaten Kubu Raya ini tidak lepas dari bantuan Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO), yang mempunyai inisiatif untuk memekarkan kabupaten ini.

“Pemekaran Kabupaten Kubu Raya karena inisiatif dan bantuan Pak OSO. Dengan kabupaten baru, kami tak kalah dengan kabupaten lama lainnya, karena kabupaten Jubu Raya dibantu oleh Kota Pontianak dari sisi infrastruktur,” akuinya.

Lebih jauh Odang, hampir semua pembangunan infrastruktur yang dibangun di Kota Pontianak berimplikasi besar buat Kabupaten Kubu Raya, baik bandara hingga pusat perbelanjaan.

“Jadi semua yang dibangun di Kota Pontianak sangat berpengaruh pada Kubu Raya. Kabupaten ini sebagai pintu masuk Lalbar, yakni lewat Bandara Supadio yang berada di Kabupaten Kubu Raya,” tutup Odang ucapnya.

Diketahui, Kabupaten yang baru berusia 10 tahun ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 602 ribu jiwa, yang sebagian besar dihuni oleh warga melayu, jawa, dan bugis. (Aiy/Fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...